Kompas.com - 15/01/2014, 17:41 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Episode ke-15 program 100 Hari Keliling Indonesia (100 HKI) sedang melanjutkan perjalanan ke Palu, Sulawesi Tengah. Tim yang dipandu Ramon Y Tungka mengawali perjalanan sebelumnya dari Majene, Sulawesi Barat.

"Dari Majene kita lanjut perjalanan ke Palu dengan bus, kurang lebih memakan waktu perjalanan 13 jam," ujar salah satu anggota 100 HKI, Ignatius Dimas Yulianto, Rabu (15/1/2014).

Berada di Palu, ujar Dimas, Ramon menjajal paralayang dengan Asgaf, seorang atlet paralayang profesional. Keduanya bermain di Gunung Wayu Matantimali yang berlokasi di pinggir utara kota Palu. "Palu memiliki daerah pegunungan dan embusan angin yang kencang, maka tak salah jika di kota ini berkembang olahraga paralayang," kata Dimas.

Menurutnya, di sini terdapat 5 titik untuk bermain paralayang, salah satunya di Gunung Wayu. "Beberapa saat Ramon harus menungu angin yang bagus, hingga saatnya angin yang ditunggu-tunggu datang dan akan membawa Ramon terbang melihat Kota Palu dari udara," jelasnya.

Selanjutnya dari Palu, Dimas mengatakan, tim melanjutkan perjalanan menuju Gorontalo. "Ini merupakan jalur terpanjang perjalanan di Sulawesi yaitu sekitar 626 kilometer," ucapnya.

Perjalanan Ramon menyisir Kota Palu dari ketinggian ditayangkan pada program 100 Hari Keliling Indonesia Kompas TV. Selain menyajikan panorama dan keindahan nusantara, tayangan pun akan mengulas sisi lain problematika transportasi, sosial dan budaya yang terjadi di tanah air. Beberapa cerita perjalanan Ramon dan tim pernah dimuat di Kompas.com rubrik Travel. Sedangkan di Kompas TV, 100 HKI ditayangkan setiap Rabu jam 20.00.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.