Bawean Dijadikan Tujuan Wisata di Jatim

Kompas.com - 27/01/2014, 11:28 WIB
Foto Kapal Express Bahari 1 C yang melayani rute Gresik-Bawean KOMPAS/Adi SuciptoFoto Kapal Express Bahari 1 C yang melayani rute Gresik-Bawean
EditorI Made Asdhiana
GRESIK, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Jawa Timur ke depan mengarahkan tujuan wisata ke Pulau Bawean. "Ada beberapa potensi wisata yang bisa digali dan dikembangkan di Pulau Bawean," kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Gresik, Jawa Timur, Tursilowanto, di Gresik, Sabtu (25/1/2014).

Dia menjelaskan, potensi yang ada di Pulau Bawean antara lain, keberadaan air terjun di didataran tinggi dengan kondisi airnya berwarna empat, serta pemandangan alam di Pulau Bawean juga sangat subur.

Oleh karenanya, Pemkab Gresik kini mulai mengembangkan pembangunan di Pulau Bawean dan mulai membangun infrastruktur untuk kebutuhan pembangunan dan pengembangan wisata di Pulau Bawean. Antara lain pembangunan fasilitas kesehatan untuk masyarakat di Pulau itu, serta layanan perahu cepat.

Di samping itu, ada di Pulau Bawean itu juga terdapat hewan rusa dan telah dikembangkan oleh Pemkab Gresik. "Ada sebanyak 3.008 ekor rusa yang ada di Pulau Bawean itu dan enam di antaranya adalah rusa pejantan," terang Tursilowanto.

Menurutnya, selain karena potensi alam yang mendukung, serta keinginan pemerintah provinsi menjadikan Pulau Bawean sebagai pulau tujuan wisata di Jawa Timur, juga sesuai dengan amanat Perda Nomor 8 Tahun 2011 tentang Tata Ruang.

Dalam ketentuan itu, Pemkab Gresik telah menetapkan lima kawasan pengembangan, termasuk di antaranya adalah pengembangan potensi lokal dan potensi wisata di Pulau Mandangin.



Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X