Kompas.com - 08/04/2014, 18:07 WIB
EditorI Made Asdhiana
PANDAN, KOMPAS.com - Pembukaan rute penerbangan Garuda Indonesia dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta tujuan Bandara FL Tobing Pinangsori, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) berpotensi meningkatkan industri pariwisata di kawasan Pantai Barat Sumut.

"Maskapai penerbangan Garuda Indonesia akan membuka rute baru Jakarta-Pinangsori 28 April 2014 dengan menggunakan pesawat jenis Bombardier," ujar Kabag Humas Pemkab Tapteng, Iwan Sinaga di Pandan, Minggu (6/4/2014).

Akses penerbangan itu dipastikan mampu memacu perkembangan industri pariwisata di Tapteng, sehingga akan memberikan dampak kemajuan positif, sekaligus diharapkan dapat menghasilkan keuntungan ekonomi bagi masyarakat.

Secara otomatis, lanjut Juru bicara Pemkab Tapteng itu, kunjungan wisatawan ke wilayah tersebut akan membuka peluang bagi pengembangan ekonomi daerah, khususnya para pelaku usaha kecil menengah yang terlibat secara langsung dalam mendukung wisata setempat.

Apalagi, posisi geografis daerah Tapteng sangat strategis dalam menjangkau seluruh daerah kawasan pantai Barat, seperti kota Sidimpuan, Sibolga, Kabupaten Tapanuli Selatan, Mandailing Natal, Paluta, Tobasa, Tapanuli Utara, bahkan perbatasan daerah Aceh.

Menurut Iwan, kehadiran maskapai penerbangan Garuda yang dijadwalkan mulai beroperasi pada akhir bulan ini akan mempercepat perputaran sektor perekonomian Tapteng, sebab jarak dan transportasi akan memberi kemudahan dan tidak lagi menjadi penghalang.

Kepastian jadwal penerbangan itu, lanjut Iwan, disampaikan langsung Senior Manager Hub Medan Ilaluddin Harahap didampingi Senior Manager HR & General Affairs Region 1 Sumut La Padmanaba Agus D, di PIA Hotel Pandan pada 3 April 2014.

Keunikan pantai pesisir Barat yang mempunyai wisata religi khusus, seperti Barus sebagai salah satu pintu masuk ajaran Agama Islam dan awal Nommensen membawa pengembangan Kristen di kawasan Tapanuli itu menjadi daya tarik tersendiri. "Rata-rata kunjungan wisatawan domestik ke Tapteng berkisar 12 hingga 14 ribu orang per bulan," tambah Iwan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.