Kompas.com - 09/04/2014, 08:38 WIB
Sejumlah warga berebut menangkap sesaji yang dilemparkan suku Tenggger ke kawah Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, pada puncak perayaan Yadnya Kasada, Minggu (6/9/2009). Yadnya Kasada merupakan ritual warga suku Tengger dengan melarung hasil bumi atau ternak ke kawah Bromo sebagai wujud penghormatan terhadap nenek moyang mereka. Kompas/Iwan SetiyawanSejumlah warga berebut menangkap sesaji yang dilemparkan suku Tenggger ke kawah Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, pada puncak perayaan Yadnya Kasada, Minggu (6/9/2009). Yadnya Kasada merupakan ritual warga suku Tengger dengan melarung hasil bumi atau ternak ke kawah Bromo sebagai wujud penghormatan terhadap nenek moyang mereka.
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Suku Tengger terkenal dengan ritual budayanya yaitu Upacara Kasada yang bertempat di Gunung Bromo, Jawa Timur. Setiap perayaan Kasada, wisatawan mancanegara maupun domestik datang ke Gunung Bromo demi melihat Upacara Kasada.

Ternyata Suku Tengger juga melakukan ritual lain yang juga tak kalah menariknya. Sisi lain budaya yang belum banyak terekspos dari segi spritual masyarakat Tengger yaitu Tirto Aji Mendak Tirta.

"Ini adalah upacara pengambilan air suci," kata Kasubdit Promosi Tujuan Wisata Wilayah IV Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Putu Gayatri, di Jakarta, Selasa (8/4/2014).

Upacara ini berlangsung di Sendang Suci, Wendit, Kabupaten Malang. Masyarakat Tengger mengambil air suci ke sumber mata air. Tahun ini, upacara akan berlangsung pada 8 Mei 2014.

Wisatawan yang datang untuk melihat ritual ini juga bisa menyaksikan aneka acara kesenian dan wisata seperti pawai budaya dan atraksi budaya. Ada pula pameran sajian masakan tradisional khas Suku Tengger. Misalnya nasi gerit berbahan dasar jagung putih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.