100 Jenis Soto Tersaji di PPKI Batam

Kompas.com - 06/06/2014, 16:11 WIB
Soto lidah di Warung Pak Salim, Jalan Ahmad Yani, Banyuwangi, Jawa Timur. KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATISoto lidah di Warung Pak Salim, Jalan Ahmad Yani, Banyuwangi, Jawa Timur.
EditorI Made Asdhiana
BATAM, KOMPAS.com - Sebanyak 100 jenis soto dari berbagai daerah di Indonesia disajikan di ajang Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) di Batam, Kepulauan Riau, Jumat (6/6/2014). Di antara 100 jenis soto yang terhidang, ada soto padang, soto lamongan, soto bandung, soto mi, coto makassar, dan soto sulung.

Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi Indonesia Jasa Boga, Sulasmiati Supardan mengatakan 24 koki memimpin pembuatan soto-soto tersebut.

Museum Rekor Dunia-Indonesia (Muri) mencatat penyajian 100 jenis soto itu sebagai rekor baru.

"Soto adalah masakan ikonik Indonesia, kami dorong, sambut baik, inisiatif Lembaga Sertifikasi Profesi Indonesia Jasa Boga yang mengadakan ini," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu.

DOK HOTEL SANTIKA TMII Soto Betawi.
Sebagian daerah di Indonesia memiliki sajian soto dengan kekhasan masing-masing. Racikan bahan yang digunakan untuk membuat seratus soto yang terhidang di PPKI berbeda-beda, demikian juga dengan rasanya.

Umumnya setiap daerah memiliki soto dengan resep yang turun menurun dari leluhur. Menurut Mari, tidak akan sulit mendapatkan berbagai resep soto khas dari setiap daerah karena pemilik jasa katering biasanya mengumpulkan resep itu sejak bertahun-tahun lalu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Antara
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X