Kompas.com - 07/06/2014, 08:44 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
BELITUNG, KOMPAS.com - Dalam rangka menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni, Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Kabupaten Belitung menyelenggarakan festival kelautan dengan tajuk Belitong Biru yang telah dimulai sejak Kamis (5/6/2014) hingga Sabtu (7/6/2014).

Acara yang terselenggara atas dukungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta PB POSSI ini bertempat di Pantai Tanjung Kelayang, Belitung. Tujuannya ialah meningkatkan potensi blue economy melalui wisata bahari.

"Seperti diketahui, saat ini pantai-pantai di Belitung menjadi primadona, ke depannya kita harap destinasi wisata di Belitung tak hanya pantai saja karena banyak potensi lain yang bisa dieksplor di sini," ungkap Amin Nurachman, Ketua POSSI Kabupaten Belitung sekaligus Ketua acara Belitong Biru.

Peresmian acara ditandai dengan pelepasan tukik di Pantai Tanjung Kelayang. Sedang acara utama diselenggarakan mulai Jumat (6/6/2014) yaitu penanaman mangrove di Pulau Kepayang dengan peserta dari beberapa sekolah di Belitung dilanjutkan dengan transplantasi terumbu karang yang melibatkan para penyelam dari dalam dan luar negeri.

Puncak acaranya adalah pemecahan rekor dunia yaitu pameran foto bawah laut di kapal karam di hari terakhir, Sabtu (7/6/2014) yang berlokasi di laut sekitar Pulau "Mercusuar” Lengkuas yang dikenal sebagai salah satu ikon BelitungMelalui pemecahan rekor dunia ini diharapkan  spot-spot diving  yang tersebar di seluruh Bangka Belitung dapat lebih dikenal masyarakat dalam dan luar negeri. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.