Kompas.com - 05/07/2014, 17:03 WIB
Northern Lights atau yang lebih dikenal dengan Aurora Borealis didaulat menjadi pemandangan terbaik dari udara DailymailNorthern Lights atau yang lebih dikenal dengan Aurora Borealis didaulat menjadi pemandangan terbaik dari udara
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

 

KOMPAS.com – Salah satu maskapai terbesar di Inggris, British Airways, melakukan survei dengan menanyakan pada para pilot dari maskapai tersebut yang sudah terbang ke 180 rute berbeda untuk mengetahui pendapat mereka mengenai pemandangan terfavorit ketika berada di udara.

Jawaban di posisi pertama ternyata Aurora Borealis. Fenomena alam yang terjadi karena partikel gas bertabrakan di atmosfer bumi ini memang menghasilkan pemandangan yang spektakuler di langit pada belahan bumi sebelah utara.

Tentu saja, pemandangan ini bisa dinikmati pada malam hari selama musim dingin. Penumpang pesawat akan dihadapkan dengan pemandangan bak lampu berwarna-warni yang menghiasi langit.

Ribuan turis yang rutin berlibur ke tempat-tempat seperti Norwegia dan Islandia bisa mendapatkan pengalaman memandang keindahan Aurora Borealis ini. Para pilot biasanya mengatur keberangkatan penerbangan untuk rute Amerika bagian utara pada malam hari agar mereka bisa mendapatkan pemandangan eksotis ini.

“Beruntung, bila Anda tidak tertidur selama penerbangan. Inilah pemandangan yang menakjubkan yang bisa dinikmati pada perjalanan rute Amerika Utara selama tiga sampai empat jam,” ujar Dave Willser, salah satu pilot maskapai British Airways.

Posisi kedua adalah pemandangan London saat pesawat mendekati Bandara Heathrow. Dari udara, penumpang akan mendapatkan pemandangan yang sangat eksotis.

Lalu pada posisi ketiga, adalah Mont Blanc yaitu gunung tertinggi di Eropa dan selalu tertutup salju. Mont Blanc terlihat saat pesawat mendekati Bandara Pisa di Italia. Kemudian pada posisi keempat, pemandangan dari udara ketika melewati Pelabuhan Sydney yang didapat saat meninggalkan kota Sydney.

Pemandangan lainnya yang masuk dalam sepuluh daftar pemandangan terbaik adalah Jembatan Golden Gate saat mendekati San Fransisco serta pemandangan Greenland yang terlihat saat melintasi Atlantik Utara.

Kanal-kanal Venesia, Table Mountain di Cape Town yaitu bukit-bukit raksasa yang bentuknya seperti meja, Kota Dubrovnik di Kroasia, dan Gunung Fuji di Jepang adalah pemandangan terbaik dari pesawat saat mendekati destinasi yang dituju. Keempat tempat tersebut membuat lengkap 10 daftar pemandangan terbaik di dunia.

“Kami mendapatkan banyak pemandangan spektakuler dari dalam kokpit, beberapa di antaranya juga bisa dinikmati oleh penumpang dari dalam pesawat,” ungkap Kepala Pilot British Airways Kapten Al Bridger.

Tetapi, pemandangan favoritnya pribadi adalah pemandangan yang tak biasa, tidak masuk dalam daftar tersebut. “Saat terbang ke Singapura, saya mendapat kehormatan untuk melihat pesawat luar angkasa, Soyuz 35S yang kembali ke bumi. Ini sungguh langka,” tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.