Kompas.com - 08/07/2014, 15:44 WIB
Konafa, salah satu hidangan penutup ala Mesir yan disediakan di Cinnamon Restaurant - Mandarin Oriental Hotel KOMPAS.com/SRI NOVIYANTIKonafa, salah satu hidangan penutup ala Mesir yan disediakan di Cinnamon Restaurant - Mandarin Oriental Hotel
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

JAKARTA, KOMPAS.com – Bulan Ramadhan identik dengan aneka hidangan istimewa. Sebagian besar tempat makan berlomba-lomba menyediakan menu spesial khusus Ramadhan. Salah satunya adalah restoran Cinnamon di Mandarin Oriental Hotel, Jakarta.

Restoran ini menambahkan menu Mesir khusus untuk Ramadhan tahun ini. Untuk mendapatkan cita rasa autentik Mesir, Mandarin Oriental Hotel mendatangkan langsung koki asal Mesir yaitu Walaa Abdel Maged Madani. Sebenarnya tahun ini adalah adalah tahun kedua bagi Walaa sebagai koki tamu. Sajian menu buatannya memang selalu disambut antusias oleh pengunjung.

Sebenarnya tak banyak perberbedaan yang dihadirkan di Cinnamon. Selain tambahan menu Mesir, masih ada menu Asia dan juga tradisional Indonesia di restoran ini. Hanya saja menu Mesir memang menarik banyak pengunjung. Kebanyakan hanya sekedar ingin mencoba. Tetapi, tak jarang pula yang rindu menyantap sajian Mesir karena memang biasanya baru hadir di beberapa restoran ibu kota saat Ramadhan tiba.

Sebelum melihat-lihat dan mencoba sajian Mesir, Walaa mendatangi saya. Senyumnya ramah, ia juga mempersilahkan dan menemani saya untuk melihat-lihat menu. Dimulai dari dapur terbuka barbeque, tempat disediakannya berbagai daging olahan yang dipanggang. Area ini merupakan tempat yang aromanya begitu menggiurkan dan paling menusuk hidung. Di antaranya disediakan grilled chicken, lamb kofta, dan beef kebab.

Lamb kofta merupakan daging domba yang sudah dibumbui dan ditambah dengan daun peterseli dan daun mint,” jelas Walaa.

Daging-daging tadi sudah nikmat dimakan begitu saja, hangat rempah sangat terasa. Kalau mau dijadikan sebagai lauk bisa menambakan nasi khas Mesir. Ya, di Mesir nasi sebagai makanan pokok tak disajikan putih seperti di sini, nasinya juga diolah sehingga rasanya gurih.

“Kami menyediakan nasi vermicelli,” ujarnya lagi. Nasi vermicelli warnanya agak kekuningan yang dicampur dengan mi tipis.

Dokumentasi Mandarin Oriental Hotel Hidangan ala Mesir di Cinnamon Restaurant, Mandarin Oriental Hotel

Di bagian spesial Mesir, Walaa menjelaskan semua makanan dengan antusias. “Ini yang paling istimewa. Ada Dawood Basha, Macaroni Becamel, Cicken Kosbarya, Beef Liver Egyptian Style, Fish Tajen, masih ada beberapa lainnya di sana,” tunjuknya di meja yang lain.

Dari sekian menu yang disebutkan, menu ikan memang hanya satu. Saya tertarik membahasnya. “Ikan memang jarang dimakan oleh orang Mesir, bukan karena tak suka tapi ikan dianggap bisa membuat haus orang yang berpuasa, di sana ikan dinikmati saat hari pertama Lebaran saja,” tambah Walaa.

Menu-menu yang ia sajikan kebanyakan adalah menu rumahannya. “Menu rumahan saat bulan puasa, ya menu-menu yang tadi. Kami orang Mesir memang banyak mengonsumsi daging,” urainya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.