Kompas.com - 11/08/2014, 08:16 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com – Indahnya alam Belitung menarik minat wisatawan. Pada triwulan tahun ini saja, terhitung sudah 30.500 wisatawan yang datang. Hal tersebut diutarakan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Kabupaten Belitung.

Sayangnya wisatawan yang datang masih harus dibebani untuk mengeluarkan kocek lebih karena transportasi umum yang minim dan terbatasnya penginapan. “Di Belitung memang masih minim transportasi umum. Tapi bulan ini syukurnya sudah ada taksi, walaupun armadanya masih cukup terbatas. Hanya berjumlah lima buah,” jelas Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Belitung, Jasagung Hariyadi kepada Kompas Travel, di Jakarta, Sabtu (9/8/2014).

Sebelumnya untuk berjalan-jalan di Belitung, wisatawan biasanya menyewa kendaraan. “Kalau penyedia jasa sewa kendaraan sudah banyak. Untuk menjangkau lokasi wisata, biasanya (wisatawan) datang ke rental kendaraan untuk sewa motor atau mobil,” tambahnya.

Sedangkan untuk penginapan, Jasagung mengimbau agar wisatawan memastikan sudah dapat penginapan dan tiket pesawat untuk pulang. “Kadang ini yang menjadi kendala, wisatawan harus memperhatikan dapat penginapan dan tiket pulang sebelum datang ke Belitung agar rencana awal berwisata tidak terganggu.

Menurut Jasagung, saat ini Belitung sudah memiliki banyak penginapan. Hanya saja, lonjakan wisatawan yang terus meningkat kerap membuat penginapan selalu penuh. “Tapi kalau untuk backpacker, Disparekraf Kabupaten Belitung bisa sediakan tempat menginap yang cukup dapat dijadikan tempat istirahat.  Datang saja,” tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.