Tips Hemat Saat Gunakan "Smartphone" di Luar Negeri

Kompas.com - 28/08/2014, 18:18 WIB
Gunakan berbagai aplikasi gadget untuk membantu selama liburan, ShutterstockGunakan berbagai aplikasi gadget untuk membantu selama liburan,
Penulis Michael
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
KOMPAS.com - Ponsel pintar telah mengubah cara kita berwisata. Untuk tetap terhubung dengan keluarga di rumah sampai segala macam aplikasi traveling, ponsel memainkan peran penting di wisata abad ke-21. Hanya saja segala kemudahan ini juga bisa sangat mahal.

Tetapi Anda bisa mengakalinya. Berikut kiat menghemat uang Anda saat menggunakan ponsel pintar di luar negeri. Beberapa kiat berikut dikutip dari Huffingtonpost.com.

Provider international roaming. Sebelum berangkat, ketahui dahulu apakah provider dari SIM card yang Anda gunakan bisa international roaming. Jika iya, maka perlu diketahui negara yang Anda tuju apakah termasuk di dalamnya. Kontak customer service untuk informasi lengkap, juga tanyakan mengenai tarif telepon dan SMS saat di negara yang Anda tuju.

Gunakan SIM card lokal. Cara terhemat memang dengan membeli SIM card lokal. Tetapi ketahui terlebih dahulu tata cara pembelian dan penggunaan SIM card di negara yang Anda tuju. Beberapa negara mengharuskan Anda membeli SIM card harus dengan kelengkapan identitas resmi yaitu paspor. Di beberapa negara, Anda bisa membelinya langsung di bandara. Juga penting apakah SIM card negara tersebut bisa digunakan di perangkat ponsel Anda, terutama jika ponsel Anda menggunakan micro SIM card.

Gunakan WiFi sebanyak mungkin. Sebelumnya unduh aplikasi seperti Free Wi-Fi Finder. Dengan aplikasi ini, melalui GPS ponsel Anda akan mencari WiFi di area sekitar Anda.

Unduh peta offline. Saat pelesiran, seringkali kita membutuhkan peta. Untuk menghemat data dan tagihan, unduh aplikasi offline seperti City Maps 2Go dan OsmAnd, atau simpan peta offline Anda di Google Maps. Menyimpan peta sangat mudah, cukup zoom di area yang ingin disimpan, tulis “OK Maps” ke bar pencarian, dan tekan ikon “Search”.

Matikan data roaming atau gunakan fitur airplane. Mematikan data Anda dapat memastikan aplikasi tidak menghabiskan data Anda ketika tidak sedang menggunakan WiFi. Anda masih dapat menerima dan membuat panggilan dan pesan singkat sementara data roaming Anda mati. Membuat ponsel Anda dalam modus airplane juga dapat menghemat baterai anda. Menonaktifkan ”push notifications” dan secara manual memeriksa email Anda dapat menghemat data juga.

Lakukan percakapan melalui aplikasi yang menggunakan WiFI. Hemat tagihan pulsa Anda dengan menghindari percapakan telepon maupun pesan singkat. Gunakan aplikasi percakapan seperti Google Voice, Whatsapp, Skype, FaceTime, dan Facebook Messenger dengan bantuan WiFi.

Simpan informasi secara offline. Simpan semua informasi perjalanan Anda di dalam note (atau ambil screenshot). Jadi ketika sewaktu-waktu perlu untuk memeriksa jam penerbangan atau alamat hotel Anda dapat melakukannya tanpa membuka email atau browsing yang akhirnya menghabiskan data. Aplikasi seperti TripIt juga membantu mengorganisir semua informasi Anda ke satu tempat yang rapi.

Perhatikan penggunaan data Anda. Batasi penggunaan data. Biasanya ponsel pintar memiliki fitur untuk membuat batasan penggunaan data. Hal ini agar jika data kuota yang Anda miliki habis, tidak menghabiskan pulsa Anda.

Unduh semua aplikasi sebelum berangkat. Anda tidak akan ingin untuk bergantung pada WiFi di luar negeri untuk mengunduh aplikasi yang Anda butuhkan selama berwisata. Ada begitu banyak aplikasi untuk wisata, tetapi beberapa yang pokok seperti Google Translate, Evernote, Yelp, aplikasi peta lokal, dan TripIt.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X