Kompas.com - 18/10/2014, 12:48 WIB
Pameran wisata dan budaya Destination Europe resmi dibuka oleh Duta Besar Uni Eropa Olof Skoog di Balai Kartini Convention Center, Jakarta, Sabtu (18/10/2014). Pameran berlangsung sampai Minggu (19/10/2014). KOMPAS.COM/NI LUH MADE PERTIWI FPameran wisata dan budaya Destination Europe resmi dibuka oleh Duta Besar Uni Eropa Olof Skoog di Balai Kartini Convention Center, Jakarta, Sabtu (18/10/2014). Pameran berlangsung sampai Minggu (19/10/2014).
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran wisata dan budaya "Destination Europe" resmi dibuka, Sabtu (18/10/2014) oleh Duta Besar Uni Eropa Olof Skoog dan segenap undangan maupun partisipan, di Balai Kartini Convention Center, Jakarta.

Menurut Skoog, pameran wisata dan budaya bertemakan Eropa ini merupakan yang pertama kali digelar di Indonesia. "Dan sepertinya ini merupakan yang pertama di dunia, sebuah pameran menampilkan destinasi Eropa," ungkapnya saat pembukaan.

Dia menuturkan banyak wisatawan dunia datang ke Eropa untuk mendapatkan petualangan, hal-hal romantis, sejarah, budaya, atau sekedar pelesiran. Seperti Indonesia, lanjutnya, Eropa menawarkan keberagaman budaya bagi wisatawan yang datang.

"Di pameran ini, kami membuat pameran tak sekadar sebuah pameran wisata, tetapi juga menampilkan aneka pertunjukan budaya, presentasi mengenai destinasi Eropa, sampai kuliner," jelas Skoog.

KOMPAS/ANTONY LEE Museum Foteviken atau dikenal juga sebagai Kampung Viking Foteviken di Vellinge, Swedia, seperti terlihat Kamis (7/8/2014), menghidupkan kembali suasana kampung pada masa Viking dari abad ke-12. Museum di lahan seluas 7 hektar itu diklaim sebagai satu-satunya tempat yang menghidupkan kembali kampung dari masa Viking, dengan melibatkan sukarelawan yang menjadi 'penghuni' kampung itu.
Sementara itu, lanjut Skoog, Indonesia sendiri merupakan pasar penting bagi Eropa. Ia percaya akan semakin banyak orang Indonesia yang melakukan perjalanan ke Eropa.

"Ada peningkatan jumlah orang Indonesia melancong ke Eropa. Tetapi, makin banyak juga orang Eropa ke Indonesia. Jadi ini situasi yang sama-sama menguntungkan," katanya.

Skoog menjelaskan sebuah survei menyebutkan bahwa alasan orang Indonesia melancong ke luar negeri antara lain mencari sebuah destinasi yang ramah keluarga, aman, value for money, bersih, dan memiliki infrastruktur yang bagus. Kriteria-kriteria ini dimiliki oleh negara-negara anggota Uni Eropa.

"Apalagi semakin banyak penerbangan langsung ke Eropa dari Indonesia. Juga pengurusan visa yang lebih sederhana," katanya.

Sehingga, Skoog berharap pameran ini bisa memberikan gambaran budaya dan keberagaman Eropa kepada pengunjung, serta memberikan informasi dan inspirasi bagi calon pelancong. "Hari ini Eropa datang kepada Anda, besok kami harap Anda yang datang ke Eropa," katanya.

KOMPAS.COM/NI LUH MADE PERTIWI F Lomba foto di pameran wisata dan budaya Destination Europe di Balai Kartini Convention Center, Jakarta, Sabtu (18/10/2014). Pameran dibuka oleh Duta Besar Uni Eropa Olof Skoog. Pameran berlangsung sampai Minggu (19/10/2014).
Destination Europe berlangsung pada 18-19 Oktober 2014 di Balai Kartini Convention Centre, Jakarta. Di pameran ini terdapat 70 eksibitor mulai dari kedutaan besar negara-negara Eropa, biro perjalanan wisata, maskapai, cruise, sampai aksesoris wisata. Ada 24 negara anggota Uni Eropa yang terlibat dalam pameran ini.

Selain itu, ada pula 50 acara mulai dari tarian, grup musik band, demo memasak, kelas belajar bahasa, lokakarya dan talk show, serta festival kuliner.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X