Kompas.com - 29/10/2014, 20:18 WIB
EditorI Made Asdhiana
SEMARANG, KOMPAS.com - Bus wisata hibah dari PT Telkomsel sejak diserahkan pada Selasa (28/10/2014) ternyata belum beroperasi. CSR dari PT Telkomsel yang semula hendak diserahkan pada Pemkot dialihkan pada Lembaga Swadaya Masyarakat Komunitas Peduli Jateng.

Seorang pegiat wisata Semarang, Kriswandono mengatakan dirinya ikut dalam tim yang mengonsep kegunaan bus Semarjawi itu. Tujuannya hanya satu yaitu memanfaatkan bus tingkat itu untuk wisata.

"Apalagi karakteristik wisata Kota Semarang lebih banyak ke sejarah, berbeda dengan Bandung atau lainnya," katanya saat ditemui di gedung balai kota Semarang, Rabu (29/10/2014).

Menurut Kriswandono, pengelola bus itu merupakan kumpulan anak muda yang punya kepedulian pada wisata. Dengan imbauan gratis dari pemerintah, Kriswandono mengaku harus memutar otak mengoperasionalkan bus itu.

Kriswandono menargetkan tidak hanya satu bus tingkat saja di Semarang. Jika melihat jumlah tempat wisata di Kota Semarang, paling tidak butuh 20 bus. "Harapannya ketika aatu bus berjalan ada vendor lain tertarik," katanya.

Bus Semarjawi berdasarkan rencana awal akan berkeliling mulai dari - Kota Lama - Lawangsewu, Gedungbatu - Pandanaran - Simpanglima dan beberapa lokasi lainnya. Kemungkinan minggu depan baru bisa berjalan dari Kota Lama.

Sebelumnya, terkait dengan peresmian bus Semarjawi dari PT Telkomsel, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi berpendapat ini merupakan embrio bagi pembangunan pariwisata di Semarang. Diharapkan adanya bus ini dapat memicu perusahaan lain untuk mendukung dan berbuat hal yang sama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.