Kompas.com - 09/01/2015, 15:31 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com – Banyaknya wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi Korea, ternyata berdampak pada pengurusan visa. Bukan soal sulitnya mengajukan visa ke Korea Selatan melainkan jangka waktu pengurusan yang menjadi semakin lama dari biasanya.

“Ya, benar kalau saat ini pengurusan visa untuk ke Korea menjadi semakin lama, ini dipengaruhi karena banyaknya wisatawan khususnya Indonesia yang ingin datang ke Korea. Antrean pengajuan visa ini mungkin tak seperti dua sampai tiga tahun lalu yang bisa cepat begitu kelengkapan data dan administrasi terpenuhi,” ungkap Direktur Korea Tourism Organization (KTO) Hyonjae Oh di Jakarta, Kamis (8/1/2015).

Harry begitu biasa ia disapa juga mengakui bahwa keadaan ini belum dapat terpecahkan hingga saat ini. “Kami akui, pengurusan visa ke Korea mungkin belum semudah bila mengurus visa ke Jepang. Tapi kami janji akan memperbaiki dan menemukan solusi yang baik. Mungkin saat ini, manajemennya belum dikendalikan secara maksimal. Tapi tenang saja, dalam waktu dekat mudah-mudahan bisa diatasi,” tutur Harry.

Menurut catatan KTO, wisatawan Indonesia yang sudah mengunjungi Korea Selatan telah mencapai lebih dari 175.000. Jumlah tersebut diprediksi akan terus meningkat tiap tahunnya. Maka tak heran, saat ini begitu banyak keluhan mengenai pengurusan visa yang cenderung lama.

KOMPAS/ELOK DYAH MESSWATI Penjaga Perbatasan Kedua Korea.

Hal tersebut juga diamini oleh Direktur Marketing, Ellen Wirjadi. “Memang, banyak juga tamu kita yang mengeluh seputaran persoalan ini. Mau bagaimana lagi, peminatnya sudah terlalu banyak. Antrean yang megajukan visa juga semakin panjang. Semoga ada solusi baru untuk mengatasinya,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Harry menjelaskan bahwa permasalahan ini segera akan diperhatikan lebih serius lagi. “Di sisi lain kami senang karena ini membuktikan bahwa promosi wisata dan budaya dari Korea berhasil, di sisi lain ini akan segera menjadi pekerjaan rumah kami agar segera terselesaikan,” tutupnya.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.