Kompas.com - 23/01/2015, 15:22 WIB
Air laut surut menyingkap tabir keindahan pantai panjang berpasir putih berpagar nyiur. Des Syafrizal/Arsip Majalah National Geographic Traveler IndonesiaAir laut surut menyingkap tabir keindahan pantai panjang berpasir putih berpagar nyiur.
EditorNi Luh Made Pertiwi F
PASIR putih bersih dan halus bak tepung terhampar luas. Kei memberikan kenikmatan. Saat meti (laut dalam kondisi surut) tersaji panorama putih tak berujung. Keriaan meruyak.

Anak-anak bermain di atas pasir, air laut membiru menyegarkan mata. Pasir putih terbasuh air. Anak-anak bertambah tingkah. Ini saatnya mengusap tubuh dengan air laut. Sementara itu, nelayan bersiap melaut. Senja cerah menyajikan pemandangan mentari membulat tenggelam di batas horizon.

Saya menikmati sajian khas Kei Kecil, yang menjadi bagian Kepulauan Kei, di tenggara kawasan Wallecea. Indra penciuman saya mulai bekerja ketika aroma ikan bakar tersapu angin. Wow! Ikan segar hasil menjala atau memancing telah terpanggang di atas bara. Lauk berkawan sepiring nasi yang mengepul dan sambal. Lezat!

Pulai Kei Kecil memang begitu khas dengan panorama seperti itu. Tertarik? Dari Langgur, kota utama, Pantai Pasir Panjang Ngur Bloat jadi pilihan terdepan. Kita bisa mencapai pantai dengan dua cara: angkutan umum dan ojek motor.

Saat malam merayap, saya berbaur dengan warga nelayan seraya menikmati sajian bahari di warung tepi pantai. Pasir panjang merayu saya agar menunda jadwal pulang. Saya memang harus berkemas.

Namun, saya telah berjanji. Lain waktu saya akan kembali dan menyiarkan kecantikan perairan yang diapit oleh Laut Banda dan Palung Aru. Arus upwelling musiman telah mendorong produktivitas organik yang tinggi. Hmm... pantas saja saya mendapat sajian lezat!

(Des Syafrizal)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.