Kompas.com - 25/01/2015, 16:03 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
DENPASAR, KOMPAS.com - Salah satu khas rujak di Bali adalah berisi kuah pindang. Rujak buah kuah pindang terasa gurih dan segar. Khususnya masyarakat di Bali, rujak kuah pindang sudah tidak asing lagi. “Rujak kuah pindang sama saja dengan rujak gula Bali (gula merah). Cuma, rujaknya disiram dengan kuah pindang. Kuah pindangnya kan dimasak dulu, diberi bumbu dulu, jadinya ya gurih, saya setiap hari jualan laris sekali,” kata Nyoman Wenten, salah saru pedagang di Jalan Tukad Yeh Aya, Denpasar, Bali, Minggu (25/1/2015).

Wenten juga menjelaskan bahwa kuah pindang bisa dibeli di pasar-pasar tradisional di Bali yang sudah dibungkus plastik. Tinggal disaring, dimasak dan diberi bumbu garam serta daun salam untuk penyedap rasa. Dan memang benar, rasanya tidak amis, justru menambah sensasi kenikmatan yang berbeda dibandingkan kita makan rujak buah gula merah.

“Enak kok, bener deh. Gurih, segar, apalagi siang hari yang cuacanya panas, wah nikmat sekali. Saya justru suka sama rujak kuah pindang daripada rujak gula merah. Menurut saya sih lebih enak rujak kuah pindang. Coba dulu baru tahu rasanya, walapun dicampur dengan kuah pindang, nggak amis kok, justru gurih,” kata Dewa Made Astina, salah satu penggemar rujak kuah pindang.

Menurut penjualnya, Nyoman Wenten, jika cuaca sangat panas, pembeli sering minta ditambah es untuk menambah rujak kuah pindang segar dan dingin. Harga rujak kuah pindang rata-rata Rp 5.000 – Rp 7.000 tergantung tarif masing-masing warung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.