Pulau Samosir Kaya Wisata Alam dan Budaya

Kompas.com - 01/04/2015, 10:03 WIB
Patung Sigale-gale di Desa Wisata Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. SONORA/S JUMAR SUDIYANAPatung Sigale-gale di Desa Wisata Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.
EditorI Made Asdhiana
BICARA mengenai Provinsi Sumatera Utara tidak bisa lepas dari destinasi wisata Danau Toba di Pulau Samosir. Sebagai salah satu destinasi terpopuler di Sumatera Utara, pantaslah kawasan ini selalu menarik para pelancong, baik domestik ataupun mancanegara.

Tidak perlu heran jika Danau Toba selalu menarik perhatian pengunjung, karena memang menawarkan pemandangan dan panorama alam yang elok, hamparan danau yang luas serta pegunungan hijau yang mengelilingi Danau Toba.

Tim Motion Radio 975FM Jakarta bersama 2 pemenang Kuis LEPAS (Liburan Sampe Puas) yang merupakan salah program andalan di Radio Motion, berkesempatan mengunjungi berbagai destinasi wisata di Sumatera Utara, salah satunya Pulau Samosir selama 4 hari, 26–29 Maret 2015.

Selain itu tidak akan lengkap rasanya para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Samosir jika tidak mengunjungi makam Raja Sidabutar di Desa Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir. Ada beberapa peninggalan raja-raja Batak di zaman megalitikum dahulu di desa tersebut.

SONORA/S JUMAR SUDIYANA Parlindungan Sidabutar (50), pemandu wisata di obyek wisata Pulau Samosir, Sumatera Utara
Parlindungan Sidabutar (50), salah satu pemandu wisata di Pulau Samosir mengatakan para wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba tidak akan lengkap jika tidak berkunjung ke 3 destinasi utama di danau yang memiliki panjang sekitar 90 kilometer dan lebar 30 kilometer itu.

“Ada tiga tempat yang wajib dikunjungi di Desa Wisata Tomok, Kecamatan Simanindo, Samosir yakni makam peninggalan Raja Sidabutar, Rumah Sigale-Gale dan Museum Batak," ujar pria yang biasa disapa Lindung dengan logat Batak Toba yang kental, Jumat (27/3/2015).

Lindung menambahkan jika di Desa Tomok menjadi destinasi wisata budaya, berbeda lagi dengan Desa Tuk-Tuk yang  berjarak sekitar 4 kilometer dari Desa Tomok yang menyajikan lokasi banyaknya penginapan hingga hotel-hotel mewah dan menjadi pusat konsentrasi wisatawan mancanegara di Pulau Samosir.

SONORA/S JUMAR SUDIYANA Penyeberangan dari dermaga Tigaraja ke Desa Tomok, Pulau Samosir, Sumatera Utara.
“Jika ingin melepas lelah bisa langsung ke Desa Tuk-Tuk dengan menggunakan kapal penyeberangan sekitar 40 menit dari Dermaga Tigaraja, Kota Parapat. Namun jika ingin langsung menjelajah wisata budaya langsung saja ke Desa Tomok," katanya.

Sekilas Mengenai Pulau Samosir

Pulau Samosir merupakan sebuah pulau vulkanik yang berada di tengah-tengah Danau Toba, Provinsi Sumatera Utara. Pulau Samosir biasa merupakan sebuah pulau di dalam pulau yang dikelilingi danau terbesar di Indonesia, dan berada di atas ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut.

Dermaga Tigaraja, Kota Prapat merupakan dermaga yang akan membawa para wisatawan menuju Desa Tuk-Tuk dan Desa Tomok dengan menggunakan angkutan kapal penyeberangan dengan waktu tempuh 40-45 menit.

Adapun biaya penyeberangan dipungut Rp 10.000 per orang. Sedangkan bagi wisatawan yang khusus membawa kendaraan pribadi (sedan, minibus) bisa turun di Dermaga Tuk-Tuk dengan biaya Rp 110.000 per kendaraan untuk jenis sedan dan minibus.

SONORA/S JUMAR SUDIYANA Makam Raja Sidabutar di Desa Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.
Selain mengarungi danau, Pulau Samosir juga dapat dicapai menggunakan jalur darat melalui Kota Pangururan, ibu kota Kabupaten Samosir yang menjadi tempat di mana ada jembatan yang menghubungkan antara Pulau Sumatera dan Pulau Samosir.

Pulau Samosir terletak di Kabupaten Samosir yang baru dimekarkan pada tahun 2003 dari bekas Kabupaten Toba-Samosir. Adapun obyek wisata lain yang patut untuk dikunjungi di pulau ini antara Batu Parsidangan di Desa Siallagan yang menurut cerita sebagai tempat mengadili dan menghukum para pelaku kejahatan. Selain itu ada Pantai Ambarita sebagai destinasi tempat pemandian dan pemacingan. (S JUMAR SUDIYANA, Radio Sonora)

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X