Rahasia Tetap Nyaman Berwisata Saat Ramadhan

Kompas.com - 20/06/2015, 13:36 WIB
Warga memanfaatkan hari libur dengan berwisata ke Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Selasa (25/12/2012). Monas masih menjadi alternatif wisata, selain tiket masuknya murah, warga juga bisa mengajak keluarga berwisata edukasi. WARTA KOTA/ANGGA BN Warga memanfaatkan hari libur dengan berwisata ke Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Selasa (25/12/2012). Monas masih menjadi alternatif wisata, selain tiket masuknya murah, warga juga bisa mengajak keluarga berwisata edukasi.
|
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com – Bulan Ramadhan merupakan saat-saat yang dinanti umat Muslim di seluruh dunia. Umat Muslim akan berpuasa dari mulai subuh hingga maghrib selama satu bulan. Namun, walaupun berpuasa bukan berarti tidak menjalani aktivitas biasa yang dilakukan.

Salah satu kegiatan yang biasa dilakukan pada akhir pekan adalah berwisata. Berbagai obyek wisata dapat dikunjungi pada akhir pekan walaupun sedang berpuasa. Untuk menyiasati berwisata ketika di bulan Ramadhan agar tetap nyaman, ini lima rahasia yang patut Anda ketahui.

Pilih wisata sejarah

Ketika akan berwisata, berbagai obyek wisata dapat dikunjungi untuk melepas penat pada akhir pekan. Jenis-jenis wisata meliputi wisata alam, budaya, sejarah, dan kuliner. Untuk mencegah terpapar panas matahari dan juga kelelahan, sebaiknya wisatawan memilih jenis wisata yang santai seperti wisata sejarah.

Jenis wisata sejarah yang dapat dilakukan adalah mengunjungi museum. Berwisata di museum melindung wisatawan terpapar panas matahari. Selain itu, museum juga memiliki koleksi-koleksi yang dapat dilihat dengan letak yang tidak berjauhan.

KOMPAS/IWAN SETIYAWAN ILUSTRASI - Musim liburan sekolah banyak dimanfaatkan anak-anak untuk berwisata ke Museum Wayang yang ada di kawasan wisata Kota Tua Jakarta, Minggu (19/6/2011). Selain berwisata, anak-anak juga belajar mengenal wayang sebagai salah satu warisan budaya bangsa yang sudah diakui dunia.

Berwisata pada saat sore hari

Saat berpuasa, waktu yang terbaik untuk berwisata di luar ruangan adalah pada sore hari. Pada sore hari, matahari cenderung bersinar lebih hangat. Ketika berwisata pada sore hari, wisatawan dapat terhindar dari paparan sinar matahari yang panas menyengat.

Selain itu, berwisata pada sore hari juga sekaligus dapat mengisi waktu untuk menunggu berbuka puasa. Menjelang berbuka puasa, wisatawan dapat mendapatkan pemandangan matahari terbenam. Langit-langit awan akan berwarna jingga kemerahan dan ditutup dengan ritual buka puasa.

Rencanakan jadwal berwisata

Jika ingin liburan satu hari penuh atau menginap pada akhir pekan saat berpuasa, rencanakan jadwal berwisata terlebih dahulu. Tentukan waktu untuk memulai mengunjungi obyek wisata pada pagi hari dan juga tentukan kapan waktu untuk beristirahat maupun waktu beribadah. Kemudian tentukan dengan rinci waktu kunjungan perjalanan menuju destinasi wisata yang dituju.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X