Pecinta Fotografi Wajib Koleksi Spot Foto Wisata Eksotik Ini!

Kompas.com - 25/06/2015, 04:03 WIB
Danau Segara Anak dilhat dari puncak Gunung Rinjani di ketinggian 3.726 m. Rinjani merupakan bagian dari Gunung Samalas yang meletus hingga melumpuhkan dunia pada tahun 1257. Superletusan mengakibatkan terbentuknya kaldera dan Danau Segara Anak. KOMPAS IMAGES / FIKRIA HIDAYATDanau Segara Anak dilhat dari puncak Gunung Rinjani di ketinggian 3.726 m. Rinjani merupakan bagian dari Gunung Samalas yang meletus hingga melumpuhkan dunia pada tahun 1257. Superletusan mengakibatkan terbentuknya kaldera dan Danau Segara Anak.
|
EditorLatief

KOMPAS.com – Eksotisme alam Indonesia tak perlu diragukan, terutama keindahan gunung dan pantainya. Zamrud khatulistiwa itu bagai sebuah misteri, begitu menggoda untuk dijelajahi.

Khusus Anda, pecinta fotografi, ragam pesona alam nusantara selalu menghasilkan karya tak ternilai. Jika sedang menyiapkan rencana berburu foto lanskap pegunungan atau pantai Indonesia, wisata eksotis berikut ini wajib masuk daftar agenda Anda.

Gunung Rinjani, Si Cantik dari Lombok

Gunung vulkanik kedua tertinggi di Indonesia ini berdiri kokoh setinggi 3.726 meter di atas permukaan laut (dpl). Karena keelokkan dan ragam kehidupan ekosistemnya, pemerintah menetapkan Gunung Rinjani sebagai Taman Nasional seluas 41.330 hektar pada tahun 1997.

Juni-Agustus adalah musim terbaik mendaki Rinjani. Untuk trip pendakian fotografi, Rute Sembalun merupakan pilihan tepat. Rute ini menawarkan variasi lanskap dan jarak tempuh lebih pendek. Anda akan melewati bentangan padang rumput luas dengan medan relatif datar sampai barisan pepohonan besar yang terus menanjak.

Di puncak Rinjani, Anda akan menikmati pemandangan memukau dan kehangatan sinar matahari pertama. Dari sana, Danau Segara Anak akan tampak cantik. Awan terlihat dekat, memberi sensasi alam di ketinggian yang begitu menyejukkan mata. Momen ini wajib diabadikan!

Orangutan di Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh

AFP PHOTO / ROMEO GACAD Betina orangutan sumatera bersama bayinya di sarang mereka di Bukit Lawang, bagian dari Taman Nasional Leuser, hutan hujan yang menempati provinsi Sumatera Utara dan Aceh.

Salah satu situs warisan dunia Unesco ini merupakan rumah bagi 4.000 spesies flora dan fauna. Sebagian besar spesiesnya tergolong amat langka. Tak ayal, kekayaan hayati Gunung Leuser sering disandingkan dengan Manu di Amazon, Brasil atau Kongo di Zaire, Afrika.

Wisata alam yang ditawarkan pun cukup beragam. Ada paket trekking ke Taman Nasional Gunung Leuser, berarum jeram di Sungai Alas, bird watching, dan night trekking.

Jangan lupa, siapkan kamera saat menjelajahi hutan di gunung ini. Jika beruntung, Anda bisa berjumpa aneka satwa seperti orangutan, harimau, macan, black gibbon, siamang, kera liar, atau spesies langka lainnya.

Kesunyian Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah

DOK INDONESIA.TRAVEL Taman Laut Kepulauan Togean.

Ada 66 gugusan pulau kecil di Togean. Pulau paling tersohor di antaranya adalah Kadidiri, Malenge, Una Una, Batudaka, Talatakoh, Waleakodi, dan Waleabahi.

Keindahan kepulauan ini memang masih tersembunyi. Airnya berwarna biru jernih, kaya akan kehidupan hayati, sunyi, dan tak tersentuh modernisasi. Sangat cocok untuk wisata jelajah laut seperti menyelam atau snorkeling.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X