Kompas.com - 05/11/2015, 11:14 WIB
Stacaravan di Zonnenland - Nispen, sebuah kawasan hijau seluas 15 hektar terletak di daerah perbatasan antara Belgia dan Belanda. MADE AGUS WARDANAStacaravan di Zonnenland - Nispen, sebuah kawasan hijau seluas 15 hektar terletak di daerah perbatasan antara Belgia dan Belanda.
EditorI Made Asdhiana
BERLIBUR bersama keluarga sangat mengasyikkan. Pilihan berlibur harus disesuaikan dengan kondisi keuangan, kenyamanan dan kesukaan anak-anak.

Berlibur ke Family Park atau juga ke pantai pasti sudah sering dan menimbulkan kebosanan. Ada sebuah alternatif berlibur murah meriah yang sering dilakukan di Eropa yaitu camping.

Camping bisa dilakukan di tempat terbuka dengan tenda, caravan atau mobile home dan stacaravan, yaitu sejenis caravan yang kondisinya  tetap, tidak berpindah-pindah.

Dengan camping di tempat terbuka menjadikan anak-anak kita lebih peka terhadap lingkungan sekitarnya.

MADE AGUS WARDANA Ruang tamu dalam Stacaravan di Zonnenland - Nispen, sebuah kawasan hijau seluas 15 hektar terletak di daerah perbatasan antara Belgia dan Belanda.
Ruang terbuka yang asri ditemani suara alam, binatang ataupun gemericik air menghanyutkan suasana bathin menjadi nyaman.

Setidaknya memberi taste baru terhadap jiwa kita, menghipnotis pikiran yang sebelumnya hiruk pikuk kusut di kepala.

Pikiran yang bersih akan membuat energi baru dan bathin menjadi lebih berarti. Itulah salah satu tujuan kita berlibur di tempat camping ini.

Pada liburan musim panas lalu, tepatnya di awal bulan Juli 2015, saya bersama keluarga dengan 3 anak camping di Zonnenland - Nispen, sebuah kawasan hijau seluas 15 hektar terletak di daerah perbatasan antara Belgia dan Belanda.

MADE AGUS WARDANA Zonnenland - Nispen, sebuah kawasan hijau seluas 15 hektar terletak di daerah perbatasan antara Belgia dan Belanda.
Zonnenland ditumbuhi pepohonan tinggi, nyaman, sunyi senyap, jauh dari keramaian. Menuju kawasan ini, kita akan melalui lahan-lahan pertanian gandum dan jagung yang terbentang luas berjejer rapi.

Dari kota Brussel Belgia, mengendarai mobil pribadi ditempuh hanya dengan waktu 1,5 jam. Jika menggunakan kereta api disarankan berhenti di stasiun Roosendaal, Belanda.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X