Kompas.com - 28/01/2016, 08:27 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi para pencinta durian, buah ini memiliki daya tarik tersendiri yang membuat kembali ingin mencicipi.

Di sudut jalan, pasar tradisional hingga di dalam pusat pertokoan modern menjual buah berduri ini. Perburuan untuk mencari kualitas buah yang legit di lidah menjadi satu tantangan sendiri.

Alan (31), pemilik Rumah Durian Harum, Jakarta Barat mengatakan bahwa penikmat durian dapat secara mudah untuk mendapatkan buah yang dianggap istimewa ini.

Pria asal Banyumas yang telah berbisnis durian selama 8 tahun ini membagikan tips untuk Anda bagaimana memilih durian. Simak tipsnya.

1. Jangan Lihat Fisik

Buah durian memiliki warna hijau, kuning, hingga kecokelatan. Setiap warna buah belum tentu merepresentasikan kualitas durian.

Warna hijau tak selalu belum matang. Begitu pun warna kuning juga belum tentu telah matang. Alan mengatakan durian lokal atau yang tumbuh di Indonesia yang berwarna hijau telah matang.

KOMPAS/MAWAR KUSUMA WULAN Melintasi jembatan bambu sambil memikul durian.
2. Bunyi Durian

Ternyata untuk memilih durian dapat ditentukan dari bunyi durian yang dipukul-pukul. Jika durian berbunyi “mendem” berarti itulah durian yang siap untuk Anda makan.

Sementara jika berbunyi kencang ketika dipukul, berarti durian masih belum matang.
 
3. Tangkai Buah

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.