Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berburu Barang Murah di Sydney? Ini Tempatnya...

Kompas.com - 30/01/2016, 18:26 WIB
Glori K. Wadrianto,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

SYDNEY, KOMPAS.com - Cerita ini berawal ketika saya sedang berjalan kaki seorang diri di George Street, salah satu jalan utama menuju pusat keramaian di Kota Sydney.

Saya menyusuri trotoar sejauh kurang lebih 2,2 kilometer mulai dari Stasiun Sentral hingga ke Town Hall dan kawasan perbelanjaan mewah Queen Victoria Building.

Di sepanjang perjalanan, saya melihat beragam toko. Umumnya adalah barang-barang dengan merek-merek ternama, pakaian, sepatu, ataupun kosmetik.

Tak kurang pula restoran dan cafe. Pun panti pijat, toko buku "adult", dan mini market lengkap berjajar di sana.

Niat awal saya hanya menikmati Kota Sydney yang ramai. Sebab, selama dua hari sebelumnya, saya disuguhi pemandangan padang rumput tanpa batas dan pegunungan luas dengan langit membiru di pinggiran kota.

Nah, dalam perjalanan pulang kembali ke hotel, saya melewati sebuah toko souvenir. Seperti umumnya turis, saya pun tertarik untuk masuk. Niatnya pun hanya melihat-lihat.

Sampai akhirnya perhatian saya jatuh pada satu set sloki hias dengan gambar dekoratif khas Australia. Ada setengah lusin sloki per kemasan. Saya ingat, ibu di Jakarta mengoleksi gelas-gelas mungil jenis ini.

Pada pricetag tertera harga 19 dollar AUD, yang kemudian didiskon menjadi 16 dollar AUD. Wah, Rp 160 ribu untuk enam gelas? Tak telalu mahal lah, pikir saya.

Sebab, saat berkunjung ke Scenic World di Katoomba, saya harus menebus sebuah gelas macam itu dengan harga 5 dollar AUD.

Sempat terpikir, apakah harga di Chinatown akan lebih murah ya? Tapi ya sudahlah. Khawatir tak ada waktu untuk belanja, saya pun menebus satu set sloki hias itu.

Pasar murah "Paddys"
Keesokan harinya, tanpa diduga-duga, pemandu wisata dari Destination NSW Margot Cuthill menawarkan opsi wisata belanja di Paddys Market.

Opsi itu menggantikan wisata kuliner donat di Gelatissimo. Gelatissimo adalah produk donat asal Brisbane yang terkenal sebagai donat yang simple namun lezat. Harganya 5 dollar AUD.

Tapi, karena lebih memilih wisata belanja, kelezatan donat itu belum pernah saya rasakan.

Berulang kali, dalam perjalan di bus, Margot mengatakan, "di Paddys market kalian akan menemukan barang-barang yang sangat murah."

"Di lantai atas, ada banyak factory outlet dengan harga yang murah juga," kata dia lagi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com