Kompas.com - 06/02/2016, 08:27 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
KUTA, KOMPAS.com - Dalam rangka menyambut Hari Raya Galungan yang jatuh pada Rabu 10 Februari 2015, South Kuta Beach Business Association(SKBBA) dan Desa Adat Kuta menggelar Festival Penjor. Festival ini diikuti oleh hotel-hotel yang ada di kawasan Jalan Kartika Plaza Kuta.

"Acara ini dalam rangka menyambut Hari Raya Galungan. Jalan Kartika Plaza bagus, jalur lalu lalang turis, kita tekankan kepada turis bahwa ada acara yang unik dan menarik," kata Ketua Panitia acara, Nyoman Gede Suasta, di Kuta, Badung, Bali, Jumat (5/2/2916).

Suasta juga menyampaikan bahwa seni budaya Bali agar dikenal oleh mereka yang melakukan kunjungan wisata. Acara ini diyakin mampu menarik perhatian wisatawan terutama asing.

"Saya optimis. Ini terbukti bisa dilihat sendiri bagaiman wisatawan banyak yang mendekat, melihat dan mengambil foto untuk diabadikan. Ini bukti ketertarikan mereka," katanya.

Festival Penjor kali ini diselingi dengan lomba membuat Gebokan (menyusun buah) yang biasanya untuk sarana persembahyangan umat Hindu yang bisa diartikan lain adalah sesaji tradisional Bali yang berbentuk segitiga mengerucut dengan bahan buah-buahan.

KOMPAS.COM/SRI LESTARI Peserta sedang membuat Penjor di acara Festival Penjor di Kuta, Badung, Bali, Jumat (5/2/2016), dalam menyambut Hari Raya Galungan.
Sementara Penjor adalah sebuah tiang bambu yang menjulang tinggi sekitar 8 meter dengan hiasan janur dan dilengkapi oleh hasil bumi seperti padi, kelapa, jagung, buah-buahan, dedaunan dan hasil bumi lainnya.

Ini sebagai lambang kemenangan dharma (kebaikan) melawan adharma (kejahatan).

Festival Penjor dan lomba membuat Gebokan diikuti oleh 40 peserta. Untuk Penjor yang sudah dibuat akan dipasang di hotel masing-masing peserta pada malam hari ini untuk menyambut datangnya Hari Raya Galungan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.