Kompas.com - 19/02/2016, 12:01 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
DEPOK, KOMPAS.com - Menyantap kuliner bakso saat musim hujan bisa jadi pilihan yang tepat. Saat menyeruput hangatnya kuah bakso yang bisa disesuaikan rasa asin, pedas, maupun manis pasti akan meninggalkan keunikan tersendiri di lidah.

Di Depok, tepatnya di dekat Stasiun Universitas Indonesia (UI) terdapat satu kedai yang kerap dicari orang karena menu bakso "rudal". Mahasiswa yang berkuliah di UI dan juga pengunjung sempat mengenalnya dengan sebutan "Bakso Toilet".

Seorang pengunjung, Laksmita (23) mengatakan terkenal dengan sebutan "Bakso Toilet" karena dulu pertama kali ia menemukan kedai bakso tersebut karena letaknya di dekat toilet Stasiun UI.

"Temen-temen dulu yang makan di sini menyebutnya bakso toilet karena letaknya nempel sama toilet. Itu terkenalnya di kalangan mahasiswa UI," kata Laksmita saat ditemui KompasTravel di Kedai Bakso Rudal Stasiun UI, Rabu (17/2/2016 sore.

Sebenarnya, kedai itu bernama "Bakso Rudal Stasiun UI" yang saat ini berada di ujung Gang Sawo, Kelurahan Beji Timur, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat. Letaknya cukup tersembunyi di balik-balik toko yang menjual perlengkapan kuliah, buku, payung, dan di dekat pagar pembatas rel kereta api.

Pemilik kedai "Baso Rudal Stasiun UI", Mardi (65) menceritakan tempatnya berjualan bakso sejak tahun 2001 berada di sebelah toilet Stasiun UI pada peron arah Bogor. Ia mengatakan sebelum menempati tempat itu, ia sempat berjualan keliling di area Depok sejak tahun 1993.

"Dulu saya keliling dagang bakso di daerah Kober dan Gang Kapuk. Sampai tahun 2001, anak saya cari tempat untuk mangkal jualan bakso. Akhirnya dapat di stasiun yang luasnya kurang dari dua meter," jelas laki-laki kelahiran Solo itu saat ditemui KompasTravel di kedai miliknya.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Pemilik Kedai Bakso Rudal Stasiun UI, Mardi (65) yang telah berjualan bakso sejak tahun 2001. Pada awalnya Kedai Bakso Rudal Stasiun UI berlokasi di sebelah toilet Stasiun UI di peron arah Bogor.
Kedai bakso di dekat toilet tersebut, pada tahun 2014 akhirnya harus pindah ke luar area stasiun karena instruksi pengosongan area stasiun dari pedagang.

Ia memindahkan kedainya untuk pertama kali ke pinggir rel kereta api tepat di pinggir ujung Gang Sawo. "Di sana sempat dua bulan kemudian saya pindah lagi ke tempat yang sekarang," tambahnya.

Mardi menceritakan saat berjualan di dekat toilet Stasiun UI, kedainya hanya bisa menampung sekitar 10-15 orang. Tempat berjualannya saat ini memiliki lima meja yang dapat menampung sekitar 30 orang.

Laksmita menceritakan ketika makan di lokasi yang dulu dekat toilet, ia harus duduk berhimpitan dengan pengunjung lain.

Di kedai "Bakso Rudal Stasiun UI", pengunjung bisa menemukan menu kuliner bakso dan mie ayam. Jenis bakso yang ditawarkan adalah bakso rudal, bakso telur, dan bakso biasa. Untuk mie ayam, pengunjung bisa mengkombinasikan dengan pilihan menu yang tersedia untuk bakso.

Harga menu bakso dan mie ayam di kedai "Bakso Rudal Stasiun UI" ini ditawarkan mulai dari Rp 13.000 - Rp 22.000. Untuk minuman seperti es teh manis, air mineral, dan es jeruk, harga ditawarkan mulai Rp 1.000 - Rp 5.000.

Kedai "Bakso Rudal Stasiun UI" buka setiap hari mulai pukul 10.00 - 20.00 WIB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.