Kompas.com - 03/03/2016, 09:06 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Menikmati Candi Borobudur tak hanya dengan cara melihat relief-relief candi dan juga stupa lalu berfoto. Cobalah untuk pergi ke Desa Wisata Sentra Industri Gerabah di Dusun Klipoh, Desa Karang Anyar, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Wisatawan bisa langsung mencoba membuat gerabah dengan para perajin gerabah yang beraktivitas setiap hari. Di sana, wisatawan bisa membuat aneka macam kerajinan gerabah.

"Di sini bisa bikin apa saja, misalnya mangkuk, stupa candi, wajan, kendi, guci, dan anglo. Membentuk apa saja tergantung tekanan tangan," kata Saroyah kepada KompasTravel saat ditemui di halaman rumahnya, pekan lalu.

(BACA: Mau Buat Gerabah seperti Demi Moore di Film"The Ghost"? Datang ke Sini...)

Dusun Klepoh terletak sekitar 45 kilometer dari Stasiun Lempuyangan. Wisatawan yang ingin mencapai sentra pembuatan gerabah yang terletak di sekitar area Candi Borobudur tersebut bisa menggunakan bus dari Terminal Giwangan maupun Terminal Jombor.

Jika datang dari Stasiun Tugu maupun Stasiun Lempuyangan, wisatawan dapat menaiki pilihan ojek motor maupun taksi untuk menuju Terminal Giwangan.

Harga ojek motor yang dibutuhkan dari Stasiun Tugu maupun Lempuyangan menuju Terminal Giwangan yakni berkisar sekitar Rp 30.000 - Rp 50.000.

KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Perajin gerabah di Kampung Klipoh, Desa Karang Anyar, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Saroyah (43), tengah membimbing pengunjung cara membuat kerajinan gerabah, Rabu (24/2/2016).
Kemudian setelah tiba di Terminal Giwangan, carilah bus dengan tujuan Candi Borobudur. Harga tiket bus yang harus dibayarkan adalah Rp 25.000 - Rp 30.000.

Hal yang perlu diperhatikan ketika menuju Candi Borobudur menggunakan bus adalah jam keberangkatan terakhir. Bus akan terakhir berangkat pada pukul 16.00 WIB.

Saat telah naik bus, jangan lupa untuk minta diturunkan di pintu masuk Candi Borobudur. Dari sana, untuk menuju Dusun Klipoh, wisatawan dapat menggunakan ojek motor.

Ojek motor ke Dusun Klipoh akan dikenakan biaya sekitar Rp 15.000. Minta pengemudi ojek untuk mengantarkan ke Sentra Industri Gerabah Dusun Klipoh, Desa Karang Anyar, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.