Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Habiskan Satu Durian Si Wong Terasa Seperti Makan Tiga Durian

Kompas.com - 04/03/2016, 21:06 WIB
Muhammad Irzal A

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Terkenal dengan ketebalan dagingya, durian Si Wong memiliki cita rasa dan tekstur yang khas. Durian asal Pandeglang tersebut memiliki ciri daging yang tebal nan kuning pekat.

Bertekstur cukup lembut, saat digigit legitnya durian tersebut akan memenuhi mulut. Dari soal rasa, durian Si Wong memiliki citarasa yang didominasi manis tipis dan di akhirnya baru terasa pahit sedikit.

Sedangkan rasa manisnya yang tipis tidak membuat Anda ngilu karena kemanisan. Durian Si Wong memang salah satu yang terbaik dari Kabupaten Pandeglang, Banten.

Kiprahnya di dunia kompetisi durian cukup terkenal, yang terbaru ia mendapatkan juara favorit pada acara Durian Fair 2016, di Jakarta, yang diikuti oleh berbagai durian dari Pulau Jawa.

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Durian Si Wong, unggulan dari Pandeglang. Memiliki ciri daging yang tebal nan kuning pekat.
Hamid, salah satu petani durian Si Wong di Pandeglang, mengatakan durian tersebut terkenal dengan dagingnya yang tebal, sedangkan kulitnya tipis hanya sekitar 1,5 centimeter, Si Wong sering jadi buruan pecinta Durian.

"Makan Si Wong (durian) satu, sama seperti makan tiga durian, kenyangnya, padetnya, legitnya, saking besarnya. Di sini saja kemaren saya bawa lima, sekarang sudah tinggal satu, itu pun sudah dipesen," ujar Hamid, kepada KompasTravel, Jumat (4/3/2016), pada acara Durian Fair 2016, di Pelataran A Blok M Square, Jakarta.

Durian yang baru juara tersebut laku dilelang seharga Rp 750.000 pada acara tersebut.  Namun, di pasaran sendiri durian tersebut laku dengan harga sekitar Rp 400.000 sampai Rp. 500.000.

Di alamnya durian tersebut memiliki induk yang sudah berumur di atas 80 tahun. Tepatnya terdapat di perbukitan Anyer hingga Rangkas Bitung, Pandeglang, Banten.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com