Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Durian Sumber Agung Begitu Legit, Ini Rahasianya...

Kompas.com - 03/03/2016, 18:02 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com — Suasana festival durian di Kota Bandar Lampung, Lampung, begitu heboh. Pengunjung berebut ingin menyantap durian.

Festival durian tersebut berlangsung di pusat penangkaran Rusa Wan Abdurrahman (Tahura), Desa Sumber Agung, Kecamatan Kemiling, Bandar Lampung. Ratusan pengunjung dari unsur pemerintah dan masyarakat dengan asyiknya menyantap hasil panen durian warga setempat.

Mereka bahkan rela berdesak-desakan untuk mendapatkan durian yang sebelumnya tersusun dalam bentuk Mahkota Siger Lampung. Pengunjung menyantap durian di tempat karena tak boleh satu durian pun yang membawa pulang.

Kepala Gapoktan Sumber Agung Sabar Nasir Arbin mengatakan, ada 1.200 pohon durian yang telah panen dari 13.000 batang pohon tertanam.

"Keunggulan Durian Sumber Agung rasanya legit karena buah yang kami jual merupakan durian yang sudah masak dan jatuh dari pohonnya," katanya.

Menurut Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung Sutono, festival durian merupakan momen rapat akbar yang membahas tentang ekowisata di Bandar Lampung.

"Saya mengajak seluruh unsur menggelar rapat di sini sekaligus menyantap durian hasil panen kelompok tani di sini," kata Sutono pada Kamis (3/3/2016).

Ia menambahkan bahwa Desa Sumber Agung berpotensi untuk dikembangkan sebagai wisata durian dan makanan olahan durian. Selain menikmati durian, pengunjung bisa melihat penangkaran rusa dan penangkaran kupu-kupu serta air terjun batu berlapis.

"Bahkan di sini juga pengunjung bisa menyantap sate rusa, tentu itu rusa anakan," katanya lagi.

Desa Sumber Agung berjarak sekitar satu jam dari pusat Kota Bandar Lampung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com