Kompas.com - 06/03/2016, 17:10 WIB
Qatar Airways A350 Reska K. Nistanto/KOMPAS.comQatar Airways A350
EditorNi Luh Made Pertiwi F
KOMPAS.com - Qatar Airways, KLM, dan Air Baltic, dianugerahi predikat maskapai penerbangan terbaik di dunia. Maskapai-maskapai ini menempati tiga besar dari daftar 34 peringkat di antara maskapai-maskapai besar dunia.

Survei ini dilakukan AirHelp yang melakukan peringkat berdasarkan ketepatan waktu, pelayanan, dan bagaimana cara maskapai menangani keluhan pelanggan akibat penundaan maupun kehilangan bagasi.

Berdasarkan ketepatan waktu keberangkatan dan kedatangan, Air Baltic yang berbasis di Latvia, menjadi maskapai penerbangan terbaik yang mencatat hanya 6 persen dari jadwal penerbangannya yang gagal tiba tepat waktu.

Sedangkan Wizz Air dan Finnair berada di peringkat selanjutnya dalam hal ketepatan waktu. Berikutnya prestasi ketepatan waktu juga diraih Qatar Airways, KLM, dan Ryanair (maskapai berbiaya murah dari Irlandia).

Penilaian lainnya berupa pelayanan, tak hanya saat di atas pesawat, namun juga pelayanan saat masih di bandara. Pemenang di kategori ini adalah Qatar Airways.

Selain itu, ada pula penilaian berdasarkan kepiawaian dalam menangani masalah mulai dari menanggapi keluhan, berapa lama penanganan keluhan tersebut, sampai berapa lama kompesasi dibayarkan.

Dalam hal ini, maskapai penerbangan paling handal dan berada di peringkat empat besar adalah Croatia Air, Wow Air, Air Baltic, dan Icelandair

Namun, jika selurug kategori penilaian ini dinilai secara keseluruhan, maka pemenangnya adalah Qatar Airways yang berada di peringkat pertama. Peringkat selanjutnya adalah KLM, Air Baltic, Air France, dan Lufthansa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.