Padang Ulan, Menikmati Kesenian Banyuwangi di Pesisir Pantai Boom

Kompas.com - 26/03/2016, 08:46 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Jika berkunjung ke Banyuwangi, Jawa Timur, dan bertepatan dengan malam bulan purnama, anda harus mampir di Pantai Boom karena ada pergelaran Padang Ulan yang menampilkan kesenian tradisi masyarakat Banyuwangi.

Seperti pada Kamis (24/3/2016), para penari dari Sanggar Rama Lestari, Kecamatan Srono, Kabupaten Banyuwangi tampil membawakan beberapa tarian daerah Banyuwangi.

(BACA: PT KAI Luncurkan Lori Wisata Lintas Jember-Banyuwangi)

Para penari membawakan tari Gandrung, tari Nyiru, tari Jaranan Buto, dan tari Mijil Seblang di amphitheater yang menghadap langsung ke Pantai Boom.

"Padang ulan ini sebenarnya tradisi dari nelayan. Saat bulan purnama sepi ikan sehingga mereka menggelar hiburan di tepi pantai dan tradisi ini sekarang kami hidupkan kembali," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi MY Bramuda kepada KompasTravel, Jumat (25/3/2016).

Menurutnya pemerintah Kabupaten Banyuwangi memfasilitasi siapa pun untuk tampil saat pergelaran Padang Ulan, mulai dari kelompok tari, musik tradisional hingga teater.

Untuk penonton pun tidak dipungut tiket dan mereka bisa menonton secara lesehan di sekitar pementasan.

"Karena berbentuk amphitheater sehingga penonton bisa duduk di tempat yang disediakan. Bebas siapa saja bisa datang dan nonton," kata Bramuda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.