Kompas.com - 08/04/2016, 18:36 WIB
Curug Sibedil di Pemalang, Jawa Tengah. ARSIP DISBUDPAR KABUPATEN PEMALANGCurug Sibedil di Pemalang, Jawa Tengah.
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com – Bupati Pemalang, Junaedi mengatakan, pihaknya akan mem-branding Pemalang sebagai destinasi wisata alam. Brand atau merek tersebut ditawarkan mengingat Pemalang memiliki potensi alam yang bisa dikembangkan sebagai obyek wisata.

“Untuk branding, kita arahkan ke wisata alam. Kita punya mangrove, gardu pandang, Desa Cikendung, dan berbagai air terjun di Pemalang,” kata Junaedi saat diwawancarai KompasTravel usai acara Dialog Bersama Wartawan di Jakarta, Kamis (7/4/2016) siang.

Ia mengatakan, untuk wisata mangrove, wisatawan bisa mencoba telusur Sungai Comal dengan menggunakan perahu dan berjalan di tengah hutan bakau. Sementara di Gardu Pandang, wisatawan bisa melihat Gunung Slamet dari atas tempat pemantauan.

“Alam kita (Pemalang) luas dan menjanjikan untuk dijual. Kami optimistis dengan brand yang akan perkenalkan,” ujar Junaedi.

Kepala Badan Pembangunan Daerah Kabupaten Pemalang, Arifin menambahkan Desa Wisata Cikendung merupakan desa yang didorong untuk dikembangkan menjadi obyek wisata alam baru.

Dengan persiapan Pemalang sebagai destinasi alam, berbagai langkah juga akan dilakukan di Desa Cikendung.

ARSIP DISBUDPAR KABUPATEN PEMALANG Pantai Widuri di Pemalang, Jawa Tengah.
“Kita sedang bangun desa wisata Cikendung. Sampai saat ini sudah gelombang kedua tahap pembangunannya. Gelombang pertama sudah selesai di bulan Maret lalu. Gelombang ketiga nanti akan bangun rumah pohon," sebut Arifin.

Kabupaten Pemalang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang terletak di pantai utara Pulau Jawa. Dari Semarang, Pemalang berjarak kira-kira 135 kilometer ke arah barat. Kabupaten Pemalang memiliki luas wilayah sebesar 1.115,30 kilometer persegi.

Di sebelah utara, Pemalang berbatasan dengan Laut Jawa, di sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Purbalingga dan di sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Pekalongan. Sementara di sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Tegal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.