Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maison Antoine, Kentang Goreng Super Enak di Brussel!

Kompas.com - 09/04/2016, 13:45 WIB

BRUSSEL, KOMPAS.com - Sedikit demi sedikit kota Brussel mulai normal, pasca ledakan bom di Metro Maelbeek dan Bandara Zaventem yang terjadi beberapa hari lalu.

Masyarakat melakukan aktifitas rutin seperti biasa tanpa ada rasa  was-was lagi. Pusat perbelanjaan, restoran-restoran dipenuhi para pembeli.

Mereka berharap roda perekonomian harus tetap berjalan lancar walaupun aksi teror mengganggu kenyamanan mereka.

Awal musim semi di bulan April 2016 ini, bunga-bunga tampak tumbuh mekar. Aroma wangi terhirup hidung menyegarkan hati dan pikiran kita. Seakan-akan bunga pun menyapa ramah lingkungan sekitarnya agar ceria menyambut sumringah musim semi yang memberikan kemekaran hati bagi kehidupan ini.
 
Menyambut musim semi tersebut, saya bersama keluarga melakukan wisata kuliner. Mengajak anak-anak mengeksplor sesuatu yang menarik dan edukatif terutama kuliner agar terbiasa memahami lingkungan sekitarnya.

MADE AGUS WARDANA Penjual kentang goreng terkenal di Brussel yaitu Maison Antoine. Pembeli rela antre.
Kota Brussel terkenal dengan penganan khas seperti wafel, cokelat praline dan kentang goreng/frite/french fries.

Penganan khas tersebut sangat mudah dijumpai dihampir setiap sudut kota. Tinggal memilih, sering mencoba, banyak membaca dan mengetahui dari mulut ke mulut tentang kuliner yang ada di kota Brussel tersebut diatas.

Pernah suatu hari ketika saya "terpaksa" menjadi pemandu wisata bagi orang Indonesia yang sedang berkunjung ke Brussel.

Salah satu di antaranya bertanya tentang kentang goreng, "Bli cari kentang goreng yang enak dan khas di mana ya?"

Dengan cepat dan lugas saya jawab, “Sebenarnya ada beberapa penjual frite (baca frit) yang menjadi idola publik di sini misalnya Frit Flagey, Friterie Clementine, Friterie de Miroir dan Fritkot Maison Antoine."

MADE AGUS WARDANA Pembeli di depan frite Maison Antoine, Brussel, Belgia.
"Terus Fritkot itu apaan bli?" tanyanya lagi.

"Fritkot itu tempat menjual kentang goreng yang berbentuk rumah mungil, terkadang seperti gerobak atau juga mobil," jawab saya lagi dengan ramah, persis seperti pemandu wisata beneran.

Pilihan saya adalah Fritkot terkenal yaitu "Maison Antoine". Maison artinya rumah sedangkan Antoine adalah nama pemiliknya. Maison Antoine terletak di Place Jourdan 1, 1040  Etterbeek - Brussel, hanya berjarak 100 meter dari  Parlemen Eropa dan Gedung Komisi Eropa.

Kalau dari Stasiun Brussel Central disarankan menggunakan Metro Ligne 1 atau  Ligne 5 berhenti  di stasiun Metro Schuman.

Kemudian berjalan menuju Rue Froisart kira kira 5 menit akan sampai di Fritkot Maison Antoine. Kalau mengendarai mobil bisa parkir di Place Jourdan dengan harga tiket 1,50 euro per jam.

MADE AGUS WARDANA Keluarga Antoine dan gerobaknya. Enaknya rasa kentang goreng Maison Antoine di Brussel sudah menjadi rahasia umum.
Maison Antoine didirikan pada tahun 1948 oleh Antoine Desmet bersama istrinya. Pada tahun 2012 dinobatkan sebagai kentang goreng terlezat di Brussel, Belgia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com