"Long Weekend", Wisatawan Serbu Farmhouse di Lembang

Kompas.com - 07/05/2016, 11:11 WIB
Pengunjung Farm House berfoto di depan rumah Hobbit yang ada di area Petting Zoo, Selasa (22/12/2015). Purwandini Sakti PratiwiPengunjung Farm House berfoto di depan rumah Hobbit yang ada di area Petting Zoo, Selasa (22/12/2015).
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

BANDUNG, KOMPAS.com - Bangunan nyentrik ala negeri dongeng menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang ke Farmhouse, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Sejak diresmikan pada Desember tahun lalu, Farmhouse langsung diserbu wisatawan domestik dan mancanegara.

Pada momentum libur panjang seperti saat ini, Farmhouse menjadi destinasi utama para pelancong. Pemilik Farmhouse, Perry Tristianto mengatakan, pada libur panjang kali ini kunjungan wisatawan meningkat hingga 80 persen.

"Hari ini Farmhouse dikunjungi 12.000 wisatawan. Kalau weekend biasa paling dikunjungi 6000-7000 wisatawan. Mayoritas pengunjung berasal dari luar kota," kata Perry, Jumat (6/5/2016).

Sebetulnya Farmhouse mengusung konsep sederhana, menjual produk lokal, yakni susu Lembang. Namun, pengelola menawarkan sensasi berbeda kepada para pengunjung.

Perry mengungkapkan, wisata seluas dua hektar itu disulap menjadi spot asyik untuk berfoto. Salah satunya bangunan-bangunan unik seperti dalam film The Hobbit.

"Konsep hanya susu Lembang tapi packaging dengan bangunan menarik sehingga orang mau foto dan upload. Sekarang zaman media sosial bagaimana bisnis kita ada di genggaman seseorang, bagaimana mereka foto dan bisa tersebar sehingga membuat orang penasaran," tuturnya.

Selain itu, dia juga menawarkan para pengunjung untuk berinteraksi langsung dengan hewan ternak seperti domba untuk menambah kesan pengunungan khas Lembang. Untuk masuk ke Farmhouse pengunjung harus membayar tiket masuk seharga Rp. 20.000.

"Untuk konsep rumah Hobbit, memang tidak sengaja, hanya karena saat ini lagi happening banget jadi saya bikin. Ternyata responsnya bagus," lanjutnya.

Rasa penasaran menjadi kunci mengapa Farmhouse menjadi pusat kunjungan di kawasan Lembang. Ira Fitria (28) warga asal Bekasi mengaku tertarik dengan bangunan unik di Farmhouse.

"Saya bela-belain macet-macetan hanya untuk lihat rumah Hobbit. Kan banyak tuh yang upload, jadi ya penasaran," kata ibu satu anak itu.

Dafi Gilang (22), pemuda asal Lampung, mengaku terkesan dengan konsep unik di Farmhouse.

"Iya saya ke sini karena sering lihat foto di Rumah Hobbit, karena ada waktu jadi saya nyempetin ke sini. Tapi keliling juga tadi ke Floating Martket dan Taman Wisata Gunung Tangkuban Parahu," jelasnya.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X