Adakah Air Bersih di Pos Pendakian Gunung Arjuno-Welirang?

Kompas.com - 12/05/2016, 19:10 WIB
Pendaki gunung marathon solo Willem Sigar Tasiam memulai pendakian Gunung Arjuno-Welirang dari jalur Tretes, Pasuruan, Jawa Timur, Selasa (10/5/2016). Rencananya ia akan menggapai Puncak Gunung Arjuno dari Puncak Gunung Welirang. KOMPAS.com / Wahyu Adityo ProdjoPendaki gunung marathon solo Willem Sigar Tasiam memulai pendakian Gunung Arjuno-Welirang dari jalur Tretes, Pasuruan, Jawa Timur, Selasa (10/5/2016). Rencananya ia akan menggapai Puncak Gunung Arjuno dari Puncak Gunung Welirang.
|
EditorI Made Asdhiana

PRIGEN, KOMPAS.com - Kemudahan mendapatkan air bersih menjadi keuntungan mendaki Gunung Arjuno-Welirang via Desa Tretes, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Wisatawan atau pendaki bisa mengambil air di setiap pos pendakian di Jalur Tretes dibandingkan jalur pendakian Gunung Arjuno-Welirang lain.

Hal tersebut diungkapkan oleh petugas penjaga pos pendakian Gunung Arjuno-Welirang Jalur Tretes maupun pendaki.

"Di sini banyak air setiap pos. Pendaki bisa mengambil air di Pos Pet Bocor, Pos Kopkopan, Pos Pondokan. Kalau mau ke Welirang, ada di Lembah Kijang," kata petugas pos pendakian Gunung Arjuno-Welirang, Achmad Syukur (52) kepada KompasTravel di sela-sela Ekspedisi Jelajah Tanpa Batas 50 Gunung 40 Hari, Pasuruan, Jawa Timur, Rabu (11/5/2016) malam.

Ia menyebutkan pendaki bisa mengambil air yang mengalir di pipa yang merupakan aliran sumber mata air di lereng Gunung Welirang.

Menurut Achmad, aliran air itu tak akan pernah kering walaupun memasuki musim kemarau. "Jadi naik gak perlu banyak air. Tinggal bawa air bersih bawa minum, untuk masak tinggal ambil," jelasnya.

Salah seorang pendaki asal Gresik, Ulum (26) mengatakan dirinya mengandalkan sumber air di Gunung Welirang untuk mengisi perbekalan mendaki.

Saat ditemui KompasTravel usai mendaki Gunung Welirang, Rabu (11/5/2016), ia menyebutkan sumber air bersih bisa didapatkan melalui pipa. "Air di sini masih bersih belum terkontaminasi. Saya ambil di setiap pos untuk masak," ungkap Ulum.

KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN Belerang Gunung Welirang Asap keluar dari kawah Gunung Welirang di Jawa Timur, Selasa (30/6/2015). Gunung Welirang merupakan salah satu gunung berapi aktif di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Mojokerto. Gunung ini berada pada satu punggungan yang sama dengan Gunung Arjuno. Banyak keluarga bergantung pada gunung ini untuk menambang belerang.
Gunung Welirang adalah gunung yang masih aktif dengan kawah yang selalu mengembuskan asap dan cairan belerang. Gunung ini merupakan kompleks gunung yang membentuk barisan. Gunung Arjuno berketinggian 3.339 meter di atas permukaan laut dan Gunung Welirang 3.156 mdpl.

Di sekitar dua gunung itu terdapat Gunung Kembar I di 3.051 mdpl, Gunung Kembar II di 3.126 mdpl, Gunung Ringgit 2.477 mdpl. Gunung Welirang dapat didaki dan berbagai arah seperti via Jalur Tretes dan via Jalur Lawang di Kabupaten Pasuruan, Jalur Purwosari, dan Jalur Cangar Sumbersari Brantas, Malang.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X