Kompas.com - 21/05/2016, 22:12 WIB
Tokoh Dahlan di Puncak Arfak, Sorong, Papua Barat, menjual aneka oleh-oleh khas Papua. KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANATokoh Dahlan di Puncak Arfak, Sorong, Papua Barat, menjual aneka oleh-oleh khas Papua.
|
EditorI Made Asdhiana

SORONG, KOMPAS.com - Usai menikmati keindahan Pianemo dan destinasi wisata bahari di Kabupaten Raja Ampat, wisatawan biasanya kembali ke Kota Sorong, ibu kota Papua Barat, sebelum melanjutkan penerbangan melalui Bandara Domine Eduard Osok.

Ingin mencari oleh-oleh khas Papua di Sorong? Tenang, ada toko oleh-oleh di kota ini. Keraguan itu yang dialami KompasTravel begitu speed boat merapat di dermaga Pelabuhan Usaha Mina, Sorong, Jumat (6/5/2016).

Setelah bertanya kepada staf Swiss-Belhotel Sorong, dengan ramah dia menyebut Puncak Arfak. Apa itu? Ternyata itu nama tempat untuk mencari oleh-oleh khas Papua.

Dia menyarankan menggunakan ojek ke sana. "Paling bayar Rp 20.000 pulang-pergi," katanya.

KompasTravel pun menggunakan ojek menuju Puncak Arfak. Tak sampai 10 menit sudah tiba di lokasi. Tempatnya memang di dataran tinggi. Lebih dikenal dengan Jalan Arfak atau ada yang menyebut Jalan Angkatan Laut. Hari pun sudah menjelang sore.

"Toko masih buka?" tanya KompasTravel kepada tukang ojek bernama Lambert.

"Masih buka bapak," jawab Lambert.

Meski hari menjelang sore, ternyata toko masih buka. Namanya Toko Dahlan. Pemiliknya H Ramane (82), asli Buton, Sulawesi Tenggara. Toko Dahlan menyatu dengan rumah Ramane.  

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Tokoh Dahlan di Puncak Arfak, Sorong, Papua Barat, menjual aneka oleh-oleh khas Papua.
Dia mempersilakan KompasTravel untuk masuk dan melihat-lihat barang-barang yang ada. Toko yang sempit itu penuh sesak dengan pernak-pernik khas Papua, seperti tas, koteka, mahkota cenderawasih, sarang semut, kepala kaswari sampai kapak batu akik.

"Dahlan itu nama anak saya," kata Ramane memulai percakapan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.