Kompas.com - 27/05/2016, 10:03 WIB
Exotic Coconut Cake dari The Mandarin Cake Shop Silvita AgmasariExotic Coconut Cake dari The Mandarin Cake Shop
|
EditorI Made Asdhiana

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat mengobrol dengan Remi Martinazzo, Executive Pastry Chef di Hotel Mandarin Oriental, banyak kejutan tak terduga. Tak menyangka jika Remi yang orang Perancis tulen, ternyata menghargai kuliner Indonesia, termasuk bahan makanan lokal.

Padahal Remi baru hijrah ke Indonesia bulan November. Artinya Remi baru enam bulan tinggal di Jakarta, tetapi ia sudah menghasilkan karya yang luar biasa. Remi membuat Exotic Coconut Cake yakni cake premium yang terinspirasi dari es doger. Dia berhasil menyulap minuman jalanan berharga murah menjadi sepotong kue premium ala negeri yang tersohor dengan Menara Eiffel. 

"Saya terinspirasi buat ini dari minuman Indonesia yang saya minum, apa namanya yang ada kelapa, nangka, dan daun pandannya itu? Oh iya... es doger!" ungkap Remi kepada KompasTravel pada acara Spring Summer Collection The Mandarin Cake Shop, Hotel Mandarin, Jakarta, Kamis (26/5/2016).

Silvita Agmasari Executive Pastry Chef Hotel Mandarin Oriental, Remi Martinazzo sedang membuat cake dekonstruksi.
Rasa Exotic Coconut Cake buatan chef pastry dengan pengalaman 18 tahun ini jangan ditanya. Teksturnya lembut dan meleleh begitu masuk mulut. Kombinasi buah-buahan tropis yakni nanas, nangka, mangga, berpadu dengan mousse kelapa dan harum daun pandan. Begitu lezat dan ringan saat disantap.

Dalam hitungan detik, satu cake kecil habis dilahap penulis. Selain doyan, cake ini memang tak menimbulkan rasa enek seperti kebanyakan cake. Semua komposisi pada Exotic Coconut Cake seimbang, baik dari segi tekstur dan rasa.

Selain exotic coconut cake, Remi juga membuat Cappucino Tart. "Saya ambil kopi dan cokelat dari dealer lokal Indonesia. Rasanya aneh kalau ambil dari dealer luar negeri, padahal Indonesia penghasil kopi. Masa dari sini dibawa ke luar negeri, kemudian dibawa lagi ke dalam negeri? Tapi ada beberapa cokelat yang dari luar juga," ungkap Remi.

Silvita Agmasari Cappucino cake dari The Mandarin Cake Shop

Akhirnya tercipta sebuah kue dengan rasa kopi yang otentik. Bukan seperti perisa rasa kopi. Melainkan rasa kopi pekat dalam bentuk coffee ganache, milk chocolate, dan coffee chantily. Pecinta kopi pasti suka rasa cake yang garing di luar dan lembut di dalam.  

Selain dua cake tersebut, Remi juga membuat Layered Raspberry and Lemon cake, Salted Caramel Peanut and Chocolate Fudge, Carrot Cake, dan Red Velvet Dome. Rasanya kini The Mandarin Cake Shop dari Hotel Mandarin Oriental punya jagoan lain, tak hanya American Chocolate Cake dan Cronut yang sudah tersohor itu. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.