Kompas.com - 02/06/2016, 13:22 WIB
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata siap mempromosikan pesona wisata Indonesia dalam ajang pameran "Diving Resort & Travel Expo" (DRT) di Taipei, Taiwan pada 17-19 Juni 2016 sekaligus mengejar target kunjungan wisatawan bahari dari mancanegara sebanyak 1.078.000 orang tahun ini.

Menteri Pariwisata Arief Yahya di Jakarta, Kamis (2/6/2016) mengatakan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) berbasis bahari ke Indonesia masih kecil, sedangkan potensi wisata bahari yang dimiliki Indonesia besar.

"Dua per tiga terumbu karang dan keragaman hayati dunia ada di Indonesia. Rugi besar kalau tidak bisa meyakinkan wisman untuk menyelami wisata bahari di Tanah Air," katanya.

Kementerian Pariwisata menargetkan wisata bahari dapat berkontribusi mendatangkan wisman sekitar 1.078.000 orang. Jumlah tersebut akan meningkat menjadi empat juta orang pada tahun 2019.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Wisatawan di Pianemo, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Kamis (5/5/2016).
Untuk itu, katanya, Kementerian Pariwisata giat menjaring wisatawan bahari dari mancanegara berkunjung ke Indonesia, melalui berbagai kegiatan pameran dan promosi di luar negeri.

Sebanyak 10 destinasi pariwisata prioritas yang ditonjolkan pemerintah tahun ini, yakni Danau Toba (Sumut), Tanjung Kelayang (Babel), Tanjung Lesung (Banten), Kepulauan Seribu (Jakarta), Borobudur (Jateng), Bromo-Tengger- Semeru (Jatim), Mandalika (NTB), Labuan Bajo (NTT), Wakatobi (Sultra), dan Morotai (Maluku Utara), juga didominasi wisata bahari.

Promosi wisata bahari meliputi keunggulan yamg dimiliki Indonesia seperti "coastal zone" (bentang pantai), "underwater"(bawah laut) termasuk keanekaragaman hayati, dan "sea zone" (wisata antarpulau dengan yacht).

Ajang DRT Taiwan bersifat bisnis ke konsumen, lebih fokus pada minat khusus wisata bahari. Lebih dari 50 negara akan berpartisipasi dalam pameran tersebut.

Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana menambahkan bahwa Indonesia baru pertama kali mengikuti DRT di Taiwan itu.

KOMPAS/SIWI YUNITA CAHYANINGRUM Pantai Pulau Merah di Banyuwangi, Jawa Timur, kini menjadi tujuan wisata surfing baru. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi memperkenalkan pantai tersebut lewat kompetisi surfing internasional, Jumat (23/5/2014).
Selama pameran berlangsung, anjungan Indonesia yang didesain berbentuk kapal phinisi akan menampilkan pertunjukan seni budaya, seminar, lomba foto, dan berbagai properti wisata bahari.

DRT Taiwan merupakan rangkaian kegiatan yang telah tersebar di wilayah Asia dan diselenggarakan oleh perusahaan Hongkong. DRT sudah teruji di dunia pameran dan sukses menggelar DRT Shanghai, DRT Beijing, DRT Filipina, dan DRT Hongkong.

Pitana menambahkan dalam keikutsertaan di DRT Taiwan itu, Kementerian Pariwisata telah memasukkan iklan dan "awareness campaign" di website DRT Taiwan dan majalah "Ezdive" Taiwan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber ANTARA


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.