Kompas.com - 25/06/2016, 12:18 WIB
EditorI Made Asdhiana

DENPASAR, KOMPAS.com - Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana menyambut gembira wisatawan asal Polandia dengan penerbangan langsung dari Warsawa ke Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali.

"Kami bersyukur dan berterima kasih karena kesepakatan ini, kami buat hasil dari pameran yang diikuti Kemenpar. Yakni kerja sama tersebut diusung melalui pertemuan antara dua tour operator di Paviliun Indonesia pada saat pameran ITB di Berlin, Jerman tahun 2013," kata Pitana, saat menyambut turis Polandia di Bandara Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Bali, Jumat (24/6/2016).

Menurut Pitana, perjalanan yang dilalui wisatawan asal Polandia ke Bali selama ini memerlukan waktu cukup lama, lebih kurang 20 jam.

Namun, hal ini tidak lagi harus dialami oleh turis Polandia, karena maskapai penerbangan yang dikenal dengan LOT Polish Airlines menghadirkan layanan reguler "charter flight" yang dapat membawa penumpang terbang langsung ke Bandara Ngurah Rai.

Pitana mengaku bangga hingga sampai terjadi reguler "charter flight', artinya kepastian wisatawan mancanegara yang akan menyambangi Indonesia bertambah, terutama dari Polandia.

"Pasar wisatawan Polandia adalah masuk ke kategori pasar potensial. Kendati jumlahnya belum seperti negara Eropa lainnya, namun fokus Kemenpar sebagai sasaran pasar kawasan Eropa," ujarnya.

Data terbaru di Kemenpar pada 2014 menunjukkan sebanyak 16.832 wisman Polandia yang masuk ke Indonesia dan pergerakan terus meningkat pada tahun 2015. Dengan adanya penerbangan tersebut diharapkan ke depannya terus meningkat.

KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Turis mancanegara di kawasan persawahan Desa Kedisan, Kecamatan Tegalalang, Kabupaten Gianyar, Bali, Minggu (22/11/2015).
Menurut Pitana, suasana seperti ini memang harus ditangkap dan dijaga dengan baik oleh industri pariwisata nasional.

"Destinasinya juga sudah mulai variatif, dan itu semakin memperkuat spirit Kemenpar untuk terus mengembangkan 'Bali Baru'. Ini menjadi semangat kami. Kami sedang menggenjot ke-10 destinasi, selain Bali membangun 3A (atraksi, akses dan amenitas) sebagai persyarat untuk memajukan pariwisata," katanya.

Pada penerbangan Warsawa-Bali, LOT Polish Airlines mengangkut sebanyak 252 wisatawam menggunakan Boeing 787. Selama sepekan berada di Bali, wisatawan Polandia akan mengunjungi obyek wisata di Pulau Dewata. Disamping itu mereka juga akan bepergian ke sejumlah obyek wisata di Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber ANTARA
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.