Kompas.com - 14/07/2016, 08:05 WIB
Ilustrasi WWW.BURKEWILLIAMSSPA.COMIlustrasi
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com - Kesehatan kulit harus tetap diperhatikan saat Anda berlibur. Gunakan sunscreen atau sunblock untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari.

Sunblock yang dijual di pasaran dilengkapi SPF (Sunburn Protection Factor) yang memiliki beberapa tingkatn. Mulai dari SPF 15, SPF 25 sampai SPF 110. Tingkatan SPF berpengaruh pada seberapa lama produk tersebut bisa melindungi Anda.

Apabila kulit Anda bisa terbakar dalam waktu 10 menit, maka sunblock dengan SPF 15 dapat melindungi kulit Anda selama 15 kali atau setara 150 menit. Namun bukan berarti semakin tinggi SPF, maka Anda mendapat perlindungan 100 persen.

Daya perlindungan tiap tingkat SPF tidak jauh berbeda. Sunblock SPF 15 misalnya, mampu melindungi kulit Anda sebanyak 93 persen.

Sunblock dengan SPF 30 melindungi kulit Anda hingga 97 persen. SPF 50 mampu melindungi kulit sebesar 98 persen. Itulah angka maksimal perlindungan kulit dari sunblock. Intinya, tidak ada sunblock yang dapat melindungi kulit hingga 100 persen.

Oleh karena itulah, Anda harus tetap mengoleskan sunblock setiap satu jam beraktivitas. Mengutip situs Live Science, Kamis (14/7/2016), kadar perlindungan dari sunblock tetap akan berkurang meski menggunakan jenis water resistant.

Sunblock SPF 50 dalam bentuk krim adalah jenis terbaik untuk dibawa traveling. Jika Anda pergi ke daerah yang dingin, tak apa membawa sunblock SPF 25 sampai SPF 50. Anda bisa membeli sunblock bentuk krim tersebut dalam berbagai ukuran.

Namun jangan lupa perhatikan di bagian tubuh mana sunblock tersebut harus dipakai. Sunblock untuk wajah bisa digunakan juga untuk seluruh tubuh. Namun sunblock untuk tubuh sebaiknya tidak digunakan untuk wajah, karena teksturnya lebih berminyak.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.