Kompas.com - 12/08/2016, 13:28 WIB
Penulis Latief
|
EditorLatief

BELITUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Belitung resmi membuka 'Belitung Fair 2016' yang diadakan oleh Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Belitung. Peresmiannya sudah dilakukan oleh Bupati Kabupaten Belitung, Sahani Saleh, di Pantai Tanjung Pendam, Rabu (10/8/2016) lalu.

Belitung Fair merupakan acara tahunan yang diadakan untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kota Tanjung Pandan ke-178 yang jatuh setiap 1 Juli. Di tahun keenam pelaksananaannya ini, kegiatan tersebut diikuti lebih dari 54 peserta pameran, baik dari dalam maupun luar pulau itu. \Rangkaian acaranya meliputi pameran berbagai produk Usaha Kecil  Menengah (UKM) lokal berupa pernak-pernik, produk kuliner, produk pariwisata, serta tersedia juga layanan informasi seputar peluang investasi bagi masyarakat sekitar.

"Belitung punya beragam sumber daya alam dan sumber daya masyarakat. Dari segi sumber daya alam, selama ini citra Pulau Belitung lekat dengan ikon penghasil timah yang memiliki kualitas tinggi," ujar Sahani dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (11/8/2016). 

"Kami optimistis mampu memperkaya dan memperluas pemahaman masyarakat luas terhadap potensi yang dimiliki Belitung, terutama untuk potensi pariwisatanya. Lebih jauh lagi, kami ingin menarik minat wisatawan baik domestik dan mancanegara, untuk berwisata ke Belitung," tambahnya. 

Tercatat, sampai saat ini Pulau Belitung merupakan salah satu opsi dari sekian banyak destinasi wisata Indonesia. Pulau ini terkenal dengan potensi alamnya, antara lain pertambangan, perkebunan, kelautan dan pariwisata.

Dengan letak geografis cukup strategis, Belitung menjadi buruan para wisatawan domestik hingga mancanegara. Potensi tersebut didukung juga oleh keterampilan masyarakat lokalnya dalam mengolah sumber daya, dari segi kualitas produk hingga inovasi pengolahan kuliner.

Berdasarkan data Biro Pusat Statistik (BPS), Kabupaten Belitung memiliki jumlah penduduk 178 ribu jiwa pada tahun 2016. Di tahun 2015, Kabupaten Belitung telah mampu menarik 251 ribu wisatawan, jumlah tersebut meningkat sebesar 70 ribu wisatawan dari dari tahun sebelumnya.

Pada 2025 diharapkan jumlah wisatawan dapat mencapai lebih dari dua juta pengunjung. Untuk mendukung upaya meningkatkan akses wisata ke pulau itu, Diskoperindag Kabupaten Belitung bekerjasama dengan perusahaan penyedia jasa pariwisata di Indonesia.

Salah satunya menggandeng PT Tjipta Alpha Inovasi sebagai perusahaan penyedia jasa pariwisata. Lewat gagasan membentuk Momotrip.co.id, kerjasama tersebut akan memaksimalkan upaya pemerintah daerah dalam menjelajah dan memasarkan potensi pariwisata Pulau Belitung.

"Lewat Momotrip ini kami berikan akses dan bantuan yang mudah untuk memilih tujuan wisata yang masyarakat butuhkan. Kami pun memiliki visi untuk meningkatkan jiwa entreprenership masyarakat lokal melalui edukasi dan pelatihan tentang manajemen pariwisata yang dapat mereka lakukan," tutur Robi Saputra, Direktur PT Tjipta Alpha Inovasi.

Rangkaian acara Belitung Fair 2016 ini dimulai pada 10 Agustus 2016, dan akan ditutup oleh Gubernur Provinsi Bangka Belitung pada 14 Agustus 2016.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.