Kompas.com - 24/08/2016, 10:05 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

BUTON, SULTENG, KOMPAS.com - Menuju Pantai Koguna, di Mopaano, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, wisatawan akan melewati sebuah danau yang terletak di tepi jalan, sekitar sepuluh menit dari Pantai Koguna.

Tak banyak wisatawan yang tahu akan keberadaan danau dengan nama Togo Motonu ini. Sebab keberadaannya tersembunyi di balik semak yang cukup tinggi. Padahal pemandangan yang disuguhkan cukup menarik.

Dengan air danau yang tenang, memantulkan bayangan pohon-pohon nan hijau, serta langit biru yang cerah, Danau Togo Motonu cocok untuk bersantai atau memancing. Danau ini juga bukan danau biasa. Menurut penduduk lokal, ada banyak mitos mengenai danau ini.

"Nama danau ini Togo Motonu yang artinya kampung yang tenggelam. Diceritakan kalau dahulu ada sebuah kampung, kemudian ada kakak beradik kandung yang menikah. Setelah itu hujanlah tujuh hari dan tujuh malam, lalu kampung itu tenggelam menjadi danau ini," kata Alma, penduduk lokal Buton dan staf Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Buton, Selasa (23/8/2016).

Danau Togo Motonu di Kabupaten Buton, di Sulawesi Tenggara.

Selain mitos tersebut, mitos lain yang dipercaya oleh penduduk lokal setempat adalah keberadaan udang merah di danau Togo Motonu. Udang merah dipercaya keramat oleh penduduk lokal.

"Dikisahkan kalau dulu ada seseorang yang makan udang itu, kemudian dia sakit dan harus disembuhkan oleh pemangku adat atau parabela baru ia bisa sembuh. Sejak saat itu tak ada yang makan udang itu," kata Araz penduduk lokal Buton.

Mitos versi lainnya yang disebutkan oleh penduduk lokal adalah udang merah tersebut dipindahkan dari habitatnya di Danau Togo Motonu ke sebuah masjid yang sedang dibangun. Keesokan harinya Masjid tersebut kemudian roboh.

Namun demikian yang namanya mitos tentu sulit untuk dibuktikan, meski penduduk lokal tetap percaya dan tak pernah menangkap apalagi mengonsumsi udang merah di Danau Togu Motonu.

Untuk menuju Danau Togu Motonu, wisatawan perlu menempuh jarak 52 kilometer atau dengan waktu sekitar satu setengah jam dari Pasarwajo, Kota Kabupaten Buton. Tak dipungut biaya untuk menikmati keindahan danau ini. Tak jauh dari danau tersebut ada Pantai Koguna yang memiliki pasit putih serta air biru yang jernih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.