Kompas.com - 18/11/2016, 07:23 WIB
EditorI Made Asdhiana

SEMARANG, KOMPAS.com - Suatu tempat pasti memiliki nilai sejarah tersendiri. Kafe Tekodeko yang berlokasi di Kota Lama, Semarang, sudah beroperasi sejak bulan juni 2015. Artinya sudah satu tahun lebih kafe ini beroperasi.

Dahulu kafe ini pernah menjadi hotel, pabrik kusen, dan rumah pribadi di tahun 1800-an.

Menurut penuturan pengelola kafe, Ronny (25), Tekodeko dibangun tidak asal, karena ada konsultasi terlebih dahulu dari pakar konservator cagar budaya. Lalu mengajukan izin ke Badan Pengelola Kawasan Kota Lama (BPK2L).

(BACA: Menapaki Jejak Thomas Karsten, “Si Perancang Modernisme Semarang”)

Saat ini kafe yang berada di Jalan Letjen Suprapto 44, Kota Lama Semarang, sudah menjadi destinasi nongkrong wisatawan yang berkunjung ke Kota Lama.

Dekorasi kafe yang memiliki konsep klasik zaman Kolonial Belanda ini memiliki dua lantai.

Lantai dasar ditujukan kepada pelanggan yang berkeluarga, dan lantai dua ditujukan untuk pelanggan usia remaja. Di lantai dua juga terdapat bagian outdoor dan indoor.

TRIBUN JATENG/FAIZAL M AFFAN Lantai dua bagian outdoor Kafe Tekodeko di Kota Lama Semarang, Jawa Tengah.
Nama 'Tekodeko' diambil dari kata Teko yang merupakan tempat air minum, dan Deko diambil dari kata Dekorasi yang berarti tata ruang dari sebuah bangunan.

Menurut Roni, nama Tekodeko memberi kesan kepada pelanggan bahwa kafe ini juga bisa disebut rumah kopi.

"Sehingga seseorang yang datang untuk menikmati kopi bisa memberikan cerita tentang kafe ini kepada kerabat, teman, maupun relasi. Jadi orang tidak hanya menikmati kopi, namun sekaligus menikmati suasana dari Kota Lama Semarang," ujarnya. (Tribun Jateng/Faizal M Affan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.