Kompas.com - 08/12/2016, 14:12 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

KUTA, KOMPAS.com - Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Asnawi Bahar menyampaikan bahwa Bali sebagai contoh untuk "10 Destinasi Bali Baru" di Indonesia yang sedang dikembangkan pemerintah.

"Bali sebagai contoh akan ditiru 10 destinasi baru itu, kitalah yang memainkan peran itu. Kitalah yang memfungsikan diri sebagai contoh suri tauladan sehingga 'Bali baru' itu mengejar ketertinggalannya," kata Asnawi Bahar di Kuta, Kamis (8/12/2016).

Pernyataan Asnawi Bahar ini terkait agenda Asita Bali menyelenggarakan Musyawarah Daerah yang mengangkat tema "Bali+10=20" dengan sub tema "Pariwisata Budaya=Pariwisata Berkelanjutan".

Makna tema ini terkait dengan program Kementerian Pariwisata yaitu mengembangkan 10 destinasi baru di Indonesia di luar Bali guna mencapai target 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) pada tahun 2019.

Asnawi melalui Asita mendorong 10 destinasi baru di luar Bali tersebut memiliki konsep baru dan cerdas dalam mewujudkan pariwisata yang berkelanjutan dengan target 20 juta wisman pada tahun 2019.

KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA Wisatawan memotret kelompok kesenian Gembong Kyai Bulak yang menyambut kedatangan Kapal Pesiar MS Volendam berbendera Belanda di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, Senin (14/11/2016). Selain mendapat suguhan pentas kesenian, 1.400 penumpang akan mengunjungi sejumlah obyek wisata di Surabaya.
"Dalam Musda di Bali ini diharapkan Asita mampu memberikan kontribusi dan melahirkan konsep baru, konsep yang cerdas untuk pengembangan pariwisata secara nasional maupun internasional," katanya.

Asnawi memberikan pesan kepada pengurus terpilih agar terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah, menyatukan tujuan dengan pemerintah, bersinergi dengan pelaku pariwisata, agar apa yang menjadi tujuan bersama dalam pengembangan pariwisata berjalan dengan baik dan sukses.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.