Kompas.com - 09/12/2016, 17:23 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Sama seperti para penumpang, pramugari juga butuh tidur dan beristirahat. Apalagi saat mereka bekerja pada penerbangan jarak jauh atau long haul flight. Tapi, memangnya ada tempat khusus untuk pramugari beristirahat?

Tentu saja. Mayoritas pesawat Boeing 777 dan 787 memiliki "tangga rahasia" menuju ruang istirahat para pramugari. Mengutip situs This is Insider, Jumat (9/12/2016), letak ruangan tersebut bergantung pada jenis pesawat. Namun kebanyakan ruang istirahat pramugari terletak persis di bagian atas kabin kelas bisnis.

BOEING Kebanyakan ruang istirahat pramugari terletak persis di bagian atas kabin kelas bisnis.
Tangga menuju ruangan ini tersembunyi di balik pintu yang memiliki kode khusus. Pada beberapa pesawat, tangga tersebut tersembunyi di kompartemen bagian atas kabin penumpang. Dari luar, bentuknya sama seperti tempat penumpang menyimpan barang.

Masuk ke ruangan tersebut, terdapat tujuh hingga sepuluh kasur yang berderet tiga-tiga. Seperti inilah penampakan ruang tidur pramugari di pesawat Boeing 787 Dreamliner.

Tiap tempat tidur memiliki sekat berupa kerai. Tiap kasur dilengkapi bantal, selimut, dan tempat penyimpanan barang.

GETTY IMAGES Seperti inilah penampakan ruang tidur pramugari di pesawat Boeing 787 Dreamliner.
Pada pesawat tipe Boeing 777, pilot memiliki tempat istirahat pribadi yang terletak di atas kokpit. Ruangan tersebut dilengkapi dua kasur, dua kursi ala Business Class, serta kamar mandi.

Beberapa pesawat lainnya, seperti Boeing 773 milik American Airlines memiliki partisi di antara tiap kasur. Pada sebuah gang dengan langit-langit rendah terletak di bagian tengahnya.

BOEING Pada pesawat tipe Boeing 777, pilot memiliki tempat istirahat pribadi yang terletak di atas kokpit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.