Paket Tahun Baru Pelni ke Kepulauan Seribu, Peminat Membeludak

Kompas.com - 28/12/2016, 09:14 WIB
KM Tatamailau milik PT. Pelni di Perairan Raja Ampat, Papua Barat, Minggu (30/11/2016). KM. Tatamailau digunakan untuk membawa peserta paket wisata bahari KOMPAS.com / Wahyu Adityo ProdjoKM Tatamailau milik PT. Pelni di Perairan Raja Ampat, Papua Barat, Minggu (30/11/2016). KM. Tatamailau digunakan untuk membawa peserta paket wisata bahari "Let's Go Raja Ampat" 30 Oktober - 2 November 2016 lalu.
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Peminat paket wisata tahun baru 2017 PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) di area Kepulauan Seribu, Jakarta membeludak. Hingga, Rabu (27/12/2016) kuota paket wisata tahun baru 2017 telah penuh.

Hal itu disampaikan oleh Manajer Komunikasi dan Kelembagaan PT Pelni, Akhmad Sujadi saat dihubungi KompasTravel, Rabu (27/12/2016).

"Kuotanya ini sudah lebih 100 orang, jadi sudah terpenuhi. Yang waiting list ada 90 orang. Acaranya di top tank (atap kapal). Kalau terlalu banyak, itu terlalu penuh. Jadi kurang aman. Hal itu karena kami menjaga kenyamanan dan keselamatan peserta," kata Sujadi lewat sambungan telepon.

(BACA: Begini Rasanya Naik Kapal Pelni Keliling Raja Ampat)

Ia menjelaskan ketika tarif paket wisata tahun baru diturunkan oleh PT Pelni, wisatawan kemudian berbondong-bondong ingin mendaftar. Hal itu terjadi, lanjut Sujadi, mulai pada hari kedua penurunan tarif paket wisata tahun baru PT Pelni yakni Minggu (25/12/2016).

"Sampai ada dari Kalimantan telepon mau ikut, tapi saya bilang ini acaranya dari Jakarta. Kalau 100 peserta ini dominasi dari area Jabodetabek dan Banten. Semua daerah itu merata," tambahnya.

Sujadi menjelaskan paket wisata tahun baru PT Pelni akan membawa wisatawan ke arah Pulau Edam (PP), Kepulauan Seribu, Jakarta pada Sabtu (31/12/2016) pukul 17.00 WIB. Adapun, acara paket wisata tahun akan dilayani dengan KM Umsini dari Pelabuhan Tanjung Priok.

KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN Pulau Kelor
"Ini pertama kali (paket wisata tahun baru di laut) dilakukan oleh Pelni yang disosialisasi kepada masyarakat. Kapal itu bisa digunakan untuk berbagai event. Ini seperti tahun baru. Bisa untuk rapat. Bahkan kalau pernikahan, bisa dilakukan. Kami ingin menawarkan perayaan tahun baru di lautan. Biasanya kan di darat," jelasnya.

Adapun acara wisata tahun baru ini juga akan dimeriahkan dengan acara Face Painting dan Disk Jockey (DJ). Wisatawan juga diajak menyantap makan malam dan juga melihat matahari tenggelam dari atas KM Umsini.
 
Adapun tarif awal paket wisata awalnya Rp 850.000 untuk semua umur. Setelah diturunkan, harga untuk dewasa adalah Rp 500.000 dan Rp 250.000 untuk anak-anak.
 
"Masih bisa mendaftar, masuk daftar tunggu. Itu ada kemungkinan menggantikan peserta yang gak jadi, atau kebijakan baru (penambahan) yang sedang dibahas," tambahnya.
 
KM Umsini adalah kapal yang melayani penumpang dari Pelabuhan Tanjung Priok - Tanjung Perak (Surabaya) - Nusa Tenggara Timur. Kapal penumpang lain yang turut menyemarakkan tahun baru di tengah laut adalah KM Tilongkabila dan KM Kelimutu.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X