Kompas.com - 13/01/2017, 15:42 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Secangkir kopi yang baru diseduh pasti beraroma semerbak, membuat kita ingin cepat-cepat menyeruputnya. Namun hati-hati, meneguk langsung kopi panas bisa saja "membakar" lidah dan tenggorokan Anda. 

Sebelum dikonsumsi, kopi memang harus didinginkan barang sebentar. Namun tak jarang peminum kopi yang mendinginkan kopinya dengan cara meniup permukaan kopi dengan kencang. Padahal, itu cara yang salah.

BACA JUGA: Hangatnya Racikan Kopi Berpadu Rempah

Situs Travel and Leisure, Jumat (13/1/2017) menghimpun dua cara mendinginkan kopi dengan benar.

Pertama adalah meniup dari lubang kecil pada penutup cangkir (lid). Meniup dilakukan selang beberapa detik, dan tidak sekaligus.

Kedua adalah dengan membuka penutup (lid) cangkir kopi. Cara ini lebih efektif dan lebih cepat dibanding meniup dari lubang kecil.

BACA JUGA: Perjalanan Panjang Biji Kopi hingga ke Cangkir Anda

Cara ilmiah mendinginkan kopi ini disebut "mendinginkan dengan evaporasi". Semakin besar permukaan yang terbuka, semakin besar kemungkinan evaporasi atau penguapan.

Jadi, jika Anda butuh kafein namun tak ingin "membakar" lidah sendiri, ada baiknya mendinginkan kopi terlebih dahulu dengan dua cara tadi. Hanya butuh sekitar lima menit, kopi pun sudah bisa dinikmati.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.