Kompas.com - 07/04/2017, 22:04 WIB
|
EditorSri Anindiati Nursastri

BOGOR, KOMPAS.com - Para penggemar kuliner Jepang seperti shabu-shabu tentu akrab dengan saus ponzu. Biasanya saus ponzu tersedia sebagai teman menyantap shabu-shabu.

Executive Chef Shabu Hachi, Djoko Santoso mengatakan ponzu adalah saus utama yang biasa disajikan bersama shabu-shabu. Ponzu memiliki cita rasa gabungan asam dan pedas.

"Ponzu itu bahannya dari bawang putih, daun bawang, lobak, cabai, ditambah kecap asin dan lemon," kata Djoko kepada KompasTravel seusai acara Media Gathering Shabu Hachi di Bogor, Jawa Barat, Rabu (5/4/2017).

Saus ponzu bisa diracik sendiri oleh pengunjung. Djoko menyebut hal itu agar bisa menyesuaikan tingkat kepedasan saus ponzu.

"Bahan-bahan itu langsung dicampur. Komposisi tergantung selera mau pedas atau tidak," tambahnya.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Bahan-bahan saus ponzu yaitu bawang putih, daun bawang, lobak, cabai, dan ditambah kecap asin dan lemon di Shabu Hachi di Bogor, Jawa Barat, Rabu (5/4/2017). Ponzu adalah saus utama yang biasa disajikan bersama shabu-shabu dan menawarkan saus dari gabungan asam dan pedas. Ponzu itu bahannya dari , kata Djoko kepada KompasTravel seusai acara Media Gathering
Saus ponzu nantinya akan disajikan di tempat yang berbeda. Pengunjung bisa mencelupkan daging yang telah dimasak ke dalam saus ponzu.

"Daging yang direbus langsung dicelup. Itu nanti kan mengurangi panas. Kalau di Jepang, cabainya pakai paprika. Di Indonesia variasi saja pakai cabai," jelasnya.

Shabu-shabu merupakan salah satu masakan Jepang yang dimasak di dalam panci. Umumnya menggunakan bahan irisan daging sapi, jamur, dan aneka sayuran.

Shabu-shabu sendiri tergolong ke dalam jenis nabe ryori atau makanan yang dimasak di dalam panci dan dimakan selagi hangat. Isi shabu-shabu disantap dengan kuah kaldu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.