"Sakau" Laut? Ini 3 Destinasi Wisata Laut untuk "Backpacker" - Kompas.com

"Sakau" Laut? Ini 3 Destinasi Wisata Laut untuk "Backpacker"

Kompas.com - 22/04/2017, 21:26 WIB
KOMPAS/MADINA NUSRAT Seorang wisatawan menikmati ketenangan pantai Pulau Sepa, salah satu pulau resor di Kepulauan Seribu, Jakarta, Rabu (7/10/2015). Ketenangan dan alam pantai yang asri adalah nilai lebih yang bisa diperoleh di pulau-pulau resor.

KOMPAS.com - Saat akhir pekan, pecinta laut biasanya memilih tempat wisata pantai. Jika anggaran berlibur Anda terbatas, tiga destinasi wisata di Indonesia berikut ini bisa jadi pilihan Anda.

Dikutip dari VIK Vakansi Indonesia, tiga destinasi wisata berikut ini tak hanya memiliki satu atau dua pantai, melainkan begitu banyak. Jadi jika Anda "sakau" laut, dijamin liburan ke tempat ini, kerinduan Anda akan aroma dan air laut bisa terobati.

Untuk melihat pilihan destinasi wisata di Indonesia berdasarkan minat dan anggaran Anda, bisa dicek di VIK Vakansi Indonesia.

1. Kepulauan Seribu

Jakarta tak hanya gedung pencakar langit. Beranjaklah ke utara dan gugusan pulau siap memanjakan para pencinta laut. Kepulauan Seribu memiliki banyak pulau untuk dijelajahi, sekadar bermain pasir di pantai atau snorkeling di kedalaman laut.

(BACA: Backpacker ke Kepulauan Seribu, Cukup Siapkan Ongkos Rp 25.000 Saja)

Paling mudah menjelajahi Kepulauan Seribu adalah dengan membeli paket wisata. Lalu lakukan island hopping atau menjelajahi pulau-pulau. Jangan lupa bawa sunblock Anda.

KOMPAS/HENDRA A SETYAWAN Pengunjung memadati pantai di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Minggu (12/4/2015). Pulau Untung Jawa menjadi tujuan wisatawan lokal karena letaknya yang relatif dekat dengan Jakarta dan Tangerang.
Cara murah menuju Kepulauan Seribu adalah dengan naik kapal kayu dari Pelabuhan Muara Angke. Harga tiketnya mulai dari Rp 40.000, tergantung pulau yang dituju.

Pilihan lain adalah naik KMP Kundur yang berkapasitas 220 penumpang dari Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta.

KMP Kundur melayani rute ke tiga pulau Kepulauan Seribu setiap harinya. Layanan dimulai pagi hari dari Sunda Kelapa menuju Pulau Untung Jawa, Kelapa dan Pramuka, lalu kembali lagi ke Sunda Kelapa pada sore hari.

Untuk tarif pada lintasan Pelabuhan Sunda Kelapa-Untung Jawa, harga untuk penumpang dewasa Rp 38.000. Sementara, menuju Pulau Untung Jawa-Pramuka tarif penumpang dewasa yakni Rp 40.000.

(BACA: Asyiknya Snorkeling di Kepulauan Seribu)

Selanjutnya, tarif dari Pelabuhan Sunda Kelapa-Pulau Kelapa untuk dewasa Rp 46.000 per orang. Rute Pulau Untung Jawa-Pulau Kelapa untuk penumpang dewasa Rp 42.000.

Lalu, tarif dari Pulau Pramuka-Pulau Kelapa untuk penumpang dewasa Rp 36.000. Tarif dari Sunda Kelapa-Pulau Pramuka untuk penumpang dewasa Rp 44.000.

KOMPAS/MADINA NUSRAT Sejumlah wisatawan asing melakukan snorkeling di kawasan pantai Pulau Sepa, salah satu pulau resor di Kepulauan Seribu, Jakarta, Rabu (7/10/2015).
Penginapan sederhana bisa diperoleh di sebagian besar pulau di Kepulauan Seribu, terutama pulau-pulau yang memang padat penduduk, seperti Pulau Pramuka.

Pilihan lain adalah Pulau Tidung dan Pulau Untung Jawa. Di pulau-pulau ini, sewa penginapan berupa homestay mulai dari Rp 50.000 per orang per malam.

2. Belitung

Anda mempunyai waktu kurang dari tiga hari untuk berlibur bersama pasangan? Belitung bisa menjadi alternatif pilihan untuk Anda.

Pilihan wisata bahari yang sangat beragam dan lanskap alam yang jauh dari keramaian sangat tepat untuk menghilangkan penat di perkotaan.

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Pulau Lengkuas yang memiliki mercusuar setinggi 62 meter dengan ratusan anak tangga. Diatasnya wisatawan dapat melihat berbagai pulau kecil dan birunya laut Belitung.
Tak hanya wisata bahari yang melegenda, destinasi yang semakin terkenal setelah film Laskar Pelangi tersebut juga memiliki kearifan lokal dan berbagai pilihan kuliner menarik. Saatnya berwisata kuliner bersama pasangan.

(BACA: 5 Hidangan Khas Bangka Belitung, Daerah Asal Ahok)

Selain Jakarta, Bandara HAS Hanandjoeddin di Tanjung Pandan melayani penerbangan dari kota-kota besar lainnya, seperti Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Pangkal Pinang, Makassar, Palembang, dan Manado.

Maskapai penerbangan bujet rendah seperti Sriwijaya Air dan Citilink memiliki penerbangan langsung dari Jakarta. Sedangkan Lion Air dan Wings Air menyediakan rute transit.

Harga penerbangan Jakarta-Tanjung Pandan di kelas ekonomi mulai dari Rp 320.000 sekali jalan. Namun, harga tersebut bisa fluktuatif tergantung pada peak season dan hari libur nasional.

Jika punya waktu lebih bisa naik kapal Pelni KM Lawit dengan tiket Rp 220.000 untuk kelas ekonomi. Lama perjalanan sekitar satu hari. Untuk transportasi dalam kota yang lebih murah, Anda dapat menyewa sepeda motor dengan harga sekitar Rp 75.000 per 12 jam.

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Keindahan pantai Tanjung Pandan, bertaburan batu granit besar menambah ke eksotikan pantai laskar pelangi tersebut.
Belitung menawarkan banyak tipe penginapan menengah. Untuk Anda yang banyak menghabiskan waktu berlibur di luar kamar, tidak ada salahnya untuk mengambil pilihan beberapa penginapan berikut yang ada di Tanjung Pandan dan sekitarnya.

Anda bisa mencoba Desta Homestay dan Wisma Pagar Alam dengan harga mulai dari Rp 160.000 per malam. Dua hotel tersebut terletak di sekitar Tanjung Pandan.

3. Mandeh

Pesona wisata bahari yang terhampar luas, atraksi wisata yang komplet membuat kawasan Mandeh dijuluki sebagai “Raja Ampat-nya Sumatera”.

Begitu Anda melihatnya dari ketinggian, tergambar jelas gugusan pulau dengan berbagai keunikan dan atraksi wisata baharinya, bak Pianemo di Raja Ampat, Papua.

KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Pulau Setan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Kamis (14/5/2015). Pulau Sutan berada di kawasan Taman Laut Mandeh.
Juara II pemenang Anugerah Pesona Indonesia 2016 kategori Surga Tersembunyi ini menyuguhkan pesona bawah laut yang memesona, dan atraksi wisata yang bervariasi.

Belum lagi, keramahan penduduk lokalnya membuat Anda tak mudah bosan menikmati liburan di sana. Sepertinya takkan cukup memang jika hanya tiga hari berlibur ke Mandeh.

Transportasi menuju Mandeh masih minim kendaraan umum. Namun, Anda yang bepergian ala backpacker, dari Bandara Internasional Minangkabau, Padang, bisa menggunakan Damri atau bus antar-kota terlebih dahulu menuju Kota Padang, tepatnya di Pasar Raya Padang, dengan tarif Rp 25.000.

Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan mobil travel ke Pasar Tarusan bertarif Rp 20.000. Perjalanan berikutnya menggunakan becak motor (bentor) ke Pelabuhan Carocok Terusan dengan biaya sekitar Rp 5.000.

Bagi Anda yang memilih transportasi lewat laut,ada pilihan berupa kapal cepat dari Pelabuhan Teluk Bayur, atau kapal wisata Bintang Mandeh dari Pelabuhan Muaro Padang dengan tarif Rp 300.000 sebelum sampai ke Pantai Carocok Painan.

Di Kabupaten Pesisir Selatan, penginapan ala backpacker didominasi homestay yang disediakan warga sekitar.

KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Para wisatawan sedang berfoto di Puncak Mandeh, Kecamatan Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Kamis (14/5/2015).
Homestay di Pesisir Selatan berpusat di kawasan Pantai Carocok Painan, Kecamatan IV Jurai. Posisi berada di deretan rumah seberang landmark Pantai Carocok Painan dan Pantai Carocok Terusan, Mandeh. Homestay di sana merupakan rumah warga yang disewakan.

Meskipun begitu, kenyamanan dan kebersihannya terjaga. Tidak sedikit homestay yang disediakan merupakan rumah hasil renovasi sehingga nyaman dan rapi.

Biayanya pun bermacam-macam; semakin bagus, semakin tinggi harganya. Namun, rata-rata bertarif Rp 100.000 untuk satu malam.


EditorI Made Asdhiana

Close Ads X