Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/04/2017, 05:01 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Rumah juru kunci Gunung Merapi Mbah Marijan yang terkena awan panas pada Erupsi 2010 lalu, Bunker Kali Adem, serta Batu Alien masih menjadi magnet bagi wisatawan untuk datang ke Volcano Tour. Padatnya kunjungan wisatawan menjadi berkah bagi para supir penyewaan mobil adventure yang biasa digunakan untuk Volcano Tour Gunung Merapi.

"Kunjungan wisatawan ke Volcano Tour meningkat hingga 3 kali lipat dibandingkan hari biasanya," ujar Eko Budianto, salah satu pengelola penyewaan Motor Trail dan Mobil Adventure "Belantara" di Volcano Tour Gunung Merapi, Senin (24/04/2017).

Padatnya pengunjung sudah mulai terjadi sejak awal libur, pada Sabtu (22/4/2017). Sampai Senin (24/4/2017) lokasi Volcano Tour masih dipadati wisatawan.

"Sabtu kemarin sudah padat, tapi hari Minggu yang sampai benar-benar over. Sekarang juga masih, tetapi tidak sebanyak dua hari lalu," tegasnya.

Kebanyakan wisatawan yang hendak berkeliling lokasi rute Volcano Tour sudah jauh-jauh hari memesan mobil adventure maupun motor trail. Wisatawan yang belum memesan pun, terpaksa harus rela mengantre.

KOMPAS.com / Wijaya Kusuma Salah satu lokasi Volcano tour, Bunker Kali Adem diserbu wisatawan
Eko menuturkan 350 mobil Adventure yang ada di Kinahrejo selama hari Sabtu dan Minggu habis disewa wisatawan. Bahkan, satu mobil Adventure bisa beberapa kali mengantar wisatawan.

"Di sini (Kinahrejo) ada 350 mobil dan semua ludes disewa, belum yang dipersewaan di sebelah barat. Di sini hari Minggu kemarin itu satu mobil bisa 5 kali mengantar wisatawan," tandasnya.

Ia menambahkan bahwa sebagian besar wisatawan yang mengambil trip Volcano Tour dengan tujuan Bunker Kali Adem, Rumah Almarhum Mbah Marijan, dan Batu Alien. Tiga tempat itu masih menjadi daya tarik yang paling sering dikunjungi wisatawan, terutama rumah Juru Kunci Gunung Merapi, Mbah Marijan.

"Kebanyakan mengambil paket short rute, satu jam perjalanan, harga sewanya Rp 350.000," kata Eko.

Ia mengakui padatnya kunjungan wisatawan ke destinasi wisata Volcano Tour Gunung Merapi, menjadi berkah bagi supir mobil adventure dan motor trail. Selain itu masyarakat yang berjualan kaos, album berisi foto letusan Gunung Merapi 2010, dan makanan juga laris.

"Ya setiap liburan panjang wisatawan mesti membludak dan tentu saja menjadi berkah," pungkasnya.

Jadi, jika Anda hendak menjajal Volcano Tour Gunung Merapi saat musim liburan atau long weekend, ada baiknya Anda memesan sewa mobil jauh-jauh hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+