Magis, Sendratari Berlatar Matahari Tenggelam dan Tebing Lembang

Kompas.com - 22/08/2017, 09:05 WIB
Sendratari Sangkuriang di The Lodge Maribaya, Bandung, Jawa Barat. KOMPAS.com/Silvita AgmasariSendratari Sangkuriang di The Lodge Maribaya, Bandung, Jawa Barat.
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com - Yogyakarta dan Bali masing-masing memiliki pagelaran sendratari kolosal yang menceritakan hikayat Ramayana. Pertunjukkan seni yang mampu menyedot ratusan wisatawan setiap pertunjukan menggelitik Heni Nurhaeni Smith untuk menghadirkannya di Bandung. Tepatnya di lokasi wisata miliknya yakni The Lodge Maribaya, Desa Cibodas.

"Ketika saya pulang ke Indonesia, saya berpikir di mana bisa menonton sendratari di Bandung. Kecuali saat nikahan atau event, tak ada tempat untuk menonton sendratari," jelas Heni saat ditemui sebelum pentas Sendaratari Sangkuriang dimulai di Omah Bamboo, The Lodge Maribaya, Sabtu (19/8/2017).

BACA: Sedang Tren di Bandung, Wisata Foto Berlatar Tebing Lembang

Heni merasa terpanggil untuk menyelenggarakan pertunjukan Sendratari Sangkuriang, dengan para pelakon yang tak lain adalah anak-anak Desa Cibodas sendiri.

Anak-anak usia Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas tersebut dibantu oleh para profesional untuk berlatih selama tiga bulan. Bermain alat musik gamelan, menari, dan berlakon dalam tokoh hikayat Sangkuriang.

Dengan latar panggung matahari terbenam serta Tebing Lembang yang dihiasi hutan pinus, Sendratari Sangkuriang ini menjadi istimewa. Apalagi dalam hikayat Sangkuriang, Patahan Lembang menjadi tempat pelarian Dayang Sumbi, ibu dari Sangkuriang.

Orkes gamelan sunda di pagelaran Sendratari Sangkuriang di The Lodge Maribaya, Bandung.  KOMPAS.com/Silvita Agmasari Orkes gamelan sunda di pagelaran Sendratari Sangkuriang di The Lodge Maribaya, Bandung.

Pada pagelaran perdana, anak-anak tersebut dengan luwes menari mengikuti alunan gamelan dan suling Sunda yang terdengar dinamis.

Dari segi koreografi, tata panggung, rias wajah dan busana, anak-anak ini tampil layaknya profesional meski di awal wajah para penari tampak gugup.

BACA: 5 Suguhan Seru dari The Lodge Maribaya, Cocok untuk Akhir Pekan

Pada akhirnya Sendratari Sangkuriang yang digelar perdana di The Lodge Maribaya ini berjalan dengan sukses, disambut tepuk tangan meriah para penonton.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X