Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cupping Kopi, Apa Fungsinya?

Kompas.com - 16/10/2017, 12:04 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

NUSA DUA, KOMPAS.com - Bagi para pecinta kopi, aktivitas cupping mungkin bukan lagi hal yang asing. Seni menilai secangkir kopi ini juga kian marak diselenggarakan oleh kafe kopi untuk mengedukasi konsumen.

Seperti Treasure Coffee yang menggelar cupping kopi di Pesona Mandiri Nusa Dua Fiesta, Pulau Peninsula, Nusa Dua, Bali, Jumat (13/10/2017).

"Tujuan cupping ini untuk scoring (pemberian nilai) mengenalkan rasa dan aroma kopi kepada konsumen," kata Christian Agung Nugroho dari Treasure Coffee yang memandu konsumen dalam cupping kopi.

(BACA: 6 Kopi Susu Kekinian, Yakin Sudah Coba Semuanya?)

Dalam memberi penilaian, menurut Christian, dapat mengacu kepada flavour wheel kopi yang memang sudah memiliki standardisasi. Dari cupping ini biasanya akan diketahui karakter dan kualitas suatu kopi. Misalnya beraroma citrus, nut, atau cherry.

Cupping dinilai Christian juga dapat menjadi dasar dari konsumen untuk mengetahui apakah harga kopi sesuai dengan kualitas.

"Kopi mahal itu relatif, tetapi dari cupping ini bisa lebih fair dengan petani dan konsumen," sebut Christian.

Ia mengatakan gerai minuman kopi ada baiknya berbagi pengalaman lewat cerita kopi yang disajikan. Konsumen juga wajib tahu dan berhak bertanya tentang kopi yang diminum.

"Jika konsumen senang maka pelaku bisnis kopi termasuk petani mendapat keuntungan yang lebih baik," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com