Kompas.com - 06/12/2017, 17:06 WIB
|
EditorSri Anindiati Nursastri

JAKARTA, KOMPAS.com – Teh memang merupakan minuman kesehatan. Banyak orang yang juga menyebut teh sebagai minuman pelangsing. Namun ada pula orang yang mengatakan teh sebagai sumber penyakit.

Teh sebagai salah satu minuman favorit cukup banyak menuai kebingungan. Ada yang menyebut teh sebagai obat untuk kesehatan, pelangsing, tetapi ada juga yang bilang teh sebagai sumber penyakit tertentu.

KompasTravel coba menanyakan beberapa mitos seputar teh kepada para ahli teh, praktisi, dan tea sommelier. 

1. Teh tidak bisa larutkan lemak

Tidak sedikit yang beranggapan teh bisa melarutkan lemak, terutama teh hijau yang kerap jadi obat pelangsing kaum hawa. Menurut seorang praktisi teh, Bambang Larensolo, teh hanya sebagai penghambat penyerapan lemak.

“Fungsinya (teh) hanya menghambat penyerapan lemak. Namun itu juga tergantung banyaknya teh yang diminum dan lemak yang dimakan,” terangnya saat Seminar Teh di SIAL Interfood, Kamis (23/11/2017).

Dalam kesempatan yang sama, ahli teh Ratna Soemantri menambahkan bahwa zat dalam teh yang berperan menghampat lemak ialah katekin.

“Katekin itu membantu lemak tidak semua diserap oleh tubuh. Penyerapan lemak dalam tubuh namanya emusifikasi. Nah ketekin dalam teh hanya memecah proses emusifikasi, jadi penyerapan terhambat, tepi tetap ada yang diserap (lemaknya),” jelas Ratna kepada KompasTravel.

Ratna menyarankan untuk tetap melakukan latihan olahraga ringan, agar lemak yang mengendap dalam tubuh terbakar sempurna.

2. Teh dapat menyebabkan batu ginjal

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.